Ketua Komisi IV DPRD Riau tinjau progres pengaspalan Jalan Pemuda Pekanbaru

id dprd Riau, Parisman Ihwan, jalan Pemuda, perbaikan

Ketua Komisi IV DPRD Riau tinjau progres pengaspalan Jalan Pemuda Pekanbaru

Ketua Komisi IV DPRD Riau Parisman Ihwan saat meninjau Jalan Pemuda Kota Pekanbaru (Diana/ANTARA)

Pekanbaru (ANTARA) - Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Riau Parisman Ihwan meninjau perbaikan Jalan Pemuda, Kelurahan Tampan, Kecematan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru yang dialokasikan melalui anggaran bantuan keuangan (Bankeu) Pemprov Riau.

Nilai kontrak untuk perbaikan Jalan Pemuda senilai Rp5,4 miliar yang dilaksanakan oleh Pihak kontraktor PT Bina Riau Sejahtera, sementara pagu anggaran pada APBD tahun anggaran 2023 senilai Rp5,9 miliar.

"Hari ini sama-sama kita lihat apa yang diusahakan warga dari 2022. Waktu itu saya sebagai wakil rakyat diundang rapat oleh Bu Lurah Tampan dan dari Kelurahan Tirta Siak. Saya berjanji pada saat itu saya berjuang dulu dan mohon doanya buat warga Tampan dan Tirta Siak, alhamdulillah hari ini pembangunan Jalan Pemuda dapat terealisasi," ujar Parisman di sela-sela kegiatannya di Jalan Pemuda, Pekanbaru, Senin.

Ruas jalan rusak ini, kata Parisman, sudah bertahun-tahun menjadi keluhan masyarakat bahkan angka kecelakaan lalu lintas cukup tinggi disebabkan banyaknya ruas jalan yang rusak dan berlubang.

Pria yang akrab disapa Iwan Fattah ini menjelaskan total sepanjang 2,2 kilometer Jalan Pemuda bakal di overlay. Target pelaksanaan sesuai kontrak kerjasama sampai Desember, tapi melihat progres pengerjaan jalan diyakini Minggu depan sudah rampung.

"Perbaikan sepanjang 2,2 kilometer, ini semua diaspal tidak ada lagi lobang yang selama ini bertahun-tahun warga keluhkan. Saya mendpatkan informasi banyak yang makan korban. Jika jalan ini selesai maka mobilitas masyarakat bisa lancar dan dapat mengurangi kecelakaan," kata dia.

"Target sampai Desember pelaksanaan kontrak, dengan sudah dimulai dari beberapa bulann lalu untuk aspal sendiri seminggu sudah selesai tapi pemeliharaannya sampai Desember," sambung legislator dapil Pekanbaru itu.

Parisman juga menyoroti soal pengawasan larangan truk bertronase diatas kapasitas yang bebas melintasi jalan tersebut meski telah dipasang plang larangan.

"Kalau pelarangan, rambu-rambu sudah dipasang di ujung Jalan Pemuda, ada rambu rambu batas 8 ton. Tapi ini kan Masih banyak pengusaha yang bandel yang mengoperasionalkan truk lebih dari 8 ton," ujarnya.

Dia mengimbau masyarakat untuk ikut mengawasi pemeliharaan jalan ini nantinya jika telah selesai dibangun sepenuhnya akan diserahkan kepada masyarakat Tampan dan Tirta Siak.

"Kami berharap pejuangan kita bersama-sama ini dapat juga dijaga oleh masyarakat. Setelah ini selesai kami serahkan sepenuhnya kepada masyarakat," ucapnya.

Sementara itu, Lurah Kelurahan Tampan Hermayeni mengapreasi perjuangan Legislator dapil Pekanbaru Parisman atas terealisasinya perbaikan Jalan Pemuda yang sudah menjadi usulan priorioritas masyarakat Tampan dan Tirta Siak.

"Dengan telah terealisasinya perbaikan Jalan Pemuda ini untuk Kelurahan Tampan Dan Kelurahan Tirta Siak kami sangat memberikan apreasiasi. Kami sangat mendukung sekali kegiatan ini karena memang prioritas masyarakat kita jalan ini jalan utama. Dengan adanya perbaikan jalan ini merupakan kebahagian bagi kami jalan ini bisa baik kembali," paparnya.

Sebagai informasi, tahun ini Pemerintah Provisi Riau mengalokasikan dana bantuan keuangan untuk perbaikan jalan rusak yang ada di Kota Pekanbaru sebesar Rp13 miliar. Anggaran tersebut bukan hanya untuk JalanParitIndah namun juga digunakan untuk perbaikan ruas jalan lainnya seperti Jalan Firdaus, Jalan Tanjung, Jalan Pemuda Tampan di Kecamatan Payung Sekaki. (Adv)