Anak Plt Bupati Meranti diisukan ikut atur proyek

id Plt Bupati Meranti ,Keluarga Plt Bupati Asmar diterpa isu miring ,BPBJ Meranti ,LPSE Meranti ,Bupati Asmar ,Isu tender proyek di Meranti

Anak Plt Bupati Meranti diisukan ikut atur proyek

Plt Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ), Dedi Sahrani. (ANTARA/Dok)

Selatpanjang (ANTARA) - Isu tak sedap kembali menerpa keluarga Plt Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) Asmar yang melibatkan anak laki-lakinya, Anton Sidarta.

Anton disebut ikut mengatur proyek di Kepulauan Meranti. Isu liar ini mulai berkembang dan menjadi pembicaraan publik sejak beberapa hari belakangan.

Plt Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ), Dedi Sahrani ketika dikonfirmasi membenarkan adanya isu tak bertanggungjawab itu. Isu yang melibatkan Plt Bupati Asmar dan keluarga, tegas dibantah Dedi Sahrani. Dedi memastikan, tender proyek dilakukan secara terbuka.

Dikatakan Dedi, semua orang bisa mengikuti, bahkan yang dari Papua pun bisa mengikutinya. Untuk pemenang, sudah pasti melalui tahapan evaluasi tim pokja.

"Kami dapat laporan, saat ini beredar isu bahwa proyek di Meranti ada yang mengatur. Isu ini melibatkan bupati dan keluarga (anaknya). Di sini kami pastikan isu itu tidak benar. Pak bupati dan anaknya tak ada mengatur proyek," kata Dedi Sahrani,Jumat

Dedi menjelaskan proses lelang paket pekerjaan sampai adanya pemenang. Saat peserta lelang mengunggah dokumen penawaran, tidak ada yang bisa melihat ranking harga penawaran sampai batas akhir memasukkan penawaran, ranking harga penawaran bisa dilihat setelah jadwal pembukaan dokumen penawaran.

"Pembukaan penawaran oleh kelompok kerja (Pokja). Pertama dilihat adalah harga penawaran dari peserta lelang, kemudian diambil tiga penawaran terendah. Setelah itu, baru dievaluasi kelengkapan berkas yang diupload (unggah)," jelas Dedi Sahrani.

"Setelah itu, tiga peserta lelang dengan penawaran terendah kita undang untuk pembuktian dokumen yang diupload. Bagi yang gugur dalam penawaran, ada kesempatan melakukan sanggah. Proses lelang ini terbuka dan bisa dipantau di LPSE. Sangat tidak benar isu yang mengatakan proyek di Meranti ada yang men-setting," kata Dedi lagi.

Adapun tahapan sesuai yang ada di LPSE antara lain, pengumuman pascakualifikasi. Setelah itu peserta lelang bisa mendownload dokumen, lalu masuk tahapan pemberian penjelasan.

Setelah penjelasan, peserta lelang mengunggah dokumen penawaran. Harga yang ditawarkan oleh peserta lelang baru diketahui setelah masuk tahapan pembukaan dokumen penawaran.

Peserta yang melakukan penawaran paling rendah dari peserta lain akan ditempatkan di posisi teratas. Setelah dapat 3 dengan penawaran terendah, pokja akan mengevaluasi administrasi, kualifikasi, teknis dan harga.

Setelah itu, masuk tahapan pembuktian kualifikasi dengan memanggil langsung 3 peserta dengan penawaran terendah. Kemudian sampai ke tahap penetapan pemenang, pengumuman pemenang.

Sebelum sampai tahapan surat penunjukan penyedia barang/jasa, penandatanganan kontrak, dibuka peluang sanggah bagi peserta lelang yang gugur dalam penawaran.