Masyarakat dua kampung di Koto Gasib terima sertifikat Program TORA

id Sertifikat TORA, Masyarakat Koto Gasib, kampung, Siak

Masyarakat dua kampung di Koto Gasib terima sertifikat Program TORA

Bupati Siak, Alfedri dan BPN Siak bersama masyarakat penerima sertifikat TORA. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Bupati Siak Alfedri menyerahkan 870 sertifikat redistribusi tanah tahun 2021 yang merupakan program Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) kegiatan Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Siak, di Gedung Dharma Sakti, Kampung Buatan II, Kecamatan Koto Gasib.

"Program TORA ini merupakan bentuk nyata kepedulian pemerintah kepada masyarakat, dalam memberikan kepastian legalitas kepemilikan tanah demi kesejahteraan masyarakat itu sendiri, melalui BPN Kabupaten Siak," ujar Bupati Alfedri di Buatan II, Selasa.

Lanjutnya, program ini terlaksana berkat kepedulian semua pihak. Mulai dari aparatur pemerintah di tingkat desa, Kecamatan, dan kabupaten yang secara masif ikut menanamkan kesadaran dan memberikan pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya legalisasi aset tanah sehingga program Tora bisa berjalan.

"Pertama saya mengucapkan terima kasih kepada BPN kabupaten Siak, yang memfasilitasi kegiatan ini. Saya juga mengucapkan selamat kepada bapak/ibu yang menerima sertifikat pada hari ini jika dijadikan agunan, pastikan betul kegunaannya untuk hal-hal produktif yang dapat meningkatkan perekonomian pemilik sertifikat dan keluarga,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Badan Pertanahan (BPN) Siak Tarbarita Simorangkir menyampaikan kehadiran program reforma agraria merupakan amanat peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2018. Salah satu subjeknya adalah pelepasan hak dari kawasan hutan.

Kegiatan redistribusi tanah ini, merupakan program strategis nasional melalui Kementerian ATR diteruskan Kantor Pertanahan Kabupaten Siak yang telah menerbitkan sebanyak 1351 sertifikat.

“Pada tahun 2021 telah kami selesaikan 355 dan telah kita serahkan sebanyak 51 sertifikat. Sisanya sebanyak 304 sertifikat kita serahkan serentak di dua Kampung, yaitu Buatan I dan II dengan jumlah yang sama,” ungkapnya.

Kepala BPN juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Siak yang dapat hadir di tengah-tengah masyarakat, untuk menyerahkan sertifikat Tora. Ini bukti negara hadir untuk melakukan percepatan penerbitan sertifikat redistribusi tanah tujuannya untuk kesejahteraan dan keadilan bagi masyarakat.

"Di Buatan II ini, kita juga sudah menyelesaikan 996 sertifikat yang sudah kita serahkan sebanyak 126 kepada masyarakat, dan hari ini berkat dukungan Bupati Alfedri kita akan menyerahkan 870 sertifikat,” tutupnya.