BKKBN Provinsi Riau giatkan "celengan" masyarakat cegah stunting

id BKKBN Riau,kampung KB,celengan,stunting Riau

BKKBN Provinsi Riau giatkan "celengan" masyarakat cegah stunting

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Riau Mardalena Wati Yulia didampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Pekanbaru Muhammad Amin, menyerahkan paket makanan bergizi kepada bumil berasal dari keluarga beresiko stunting. Foto:Antara/HO-Humas BKKBN Riau.

Pekanbaru (ANTARA) - Kantor Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Riau menggiatkan program menghimpun uang masyarakat melalui "celengan" dan ketika sudah banyak dipecah, sehingga uang bisa digunakan untuk membeli makanan bergizi untuk membantu keluarga yang berisiko stunting.

"Makanan bergizi untuk membantu keluarga berisiko stunting tersebut, berupa satu paket berisi telur, susu untuk ibu hamil, biskuit bayi dan makanan pendamping ASI (MPASI), tablet tambah darah, asam folat, sayuran, serta buah-buahan dan beras," kata Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Riau Mardalena Wati Yulia dalam keterangannya di Pekanbaru, Rabu.

Ia mengatakan keluarga berisiko stunting menjadi sasaran pemberian makanan bergizi adalah ibu hamil, baduta, balita, dan ibu setelah melahirkan.

Ia menyebutkan celengan masyarakat yang berhasil dihimpun dari donasi warga, seperti di Kelurahan Air Putih di Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) Tunas Harapan, Kelurahan Air Putih, Kecamatan Tuah Madani, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

"Celengan ini digagas oleh para remaja yang tergabung dalam Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Tunas Bangsa yang beranggota remaja Kelurahan Air Putih di Kampung Keluarga Berkualitas atau 'Cemara Stunting' itu diharapkan mampu mendorong upaya percepatan penurunan stunting di daerah ini," katanya.

Upaya percepatan penurunan stunting di Indonesia dan Riau khususnya, katanya, melibatkan berbagai pihak dan dengan berbagai inovasi.

Kampung KB Tunas Harapan, Kelurahan Air Putih merupakan bagian dari 311 Kampung KB yang sudah dibentuk dan tersebar di 12 kabupaten dan kota di Provinsi Riau.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BKKBN Riau giatkan "celengan" masyarakat cegah stunting