Polres Dumai: 322 Personel Amankan Pilkada Riau

id polres dumai, 322 personel, amankan pilkada riau

Polres Dumai: 322 Personel Amankan Pilkada Riau

Dumai, (antarariau.com) - Kepolisian Resor (Polres) Dumai, Riau, akan menurunkan sebanyak 322 personel dalam operasi pengamanan pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah Riau putaran II pada 27 November.

"Tugas pengamanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Riau juga dibantu kekuatan sebanyak 30 personel Brimob dari Polda Sumatera Utara," kata Kapolres Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Yudi Kurniawan melalui pesan singkatnya di Dumai, Kamis.

Dia menjelaskan bahwa pelaksanaan pengamanan Pilkada Riau ini akan dilakukan secara terbuka dengan menempatkan polisi berseragam di setiap titik konsentrasi.

AKBP Yudi menyatakan proses pengamanan pilkada, baik pada putaran pertama hingga kedua ini telah dilakukan beberapa tahapan, yaitu mengawal proses pendistribusian logistik, pelipatan kertas suara hingga menjaga kantor KPU setempat.

"Pola pengamanan dilakukan sesuai dengan pemetaan kondisi rawan keamanan, dan terutama sekali di Kantor KPU Dumai dengan mengerahkan belasan personel," ungkapnya.

Dia menambahkan bahwa pengamanan aparat polisi juga akan lebih diintensifkan jelang hari pemungutan suara yang akan diselenggarakan di 530 TPS yang akan dijaga sekitar dua hingga tiga personel.

Dia mengimbau pasangan calon gubernur dan tim pemenangan serta masyarakat umum untuk turut menciptakan suasana aman, tertib dan kondusif di wilayah keamanan Dumai dengan mematuhi ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku.

"Sejauh ini kondisi keamanan di Dumai cukup aman dan kondusif, namun kita terus berharap dukungan dan partisipasi semua pihak untuk menjaga situasi tetap tenang dan tidak terjadi sesuatu gangguan keamanan," harapnya.

Sebelumnya, pada pelaksanaan pilkada putaran pertama September, pengamanan dilakukan Polres dengan mengerahkan 370 personel polisi dan dibantu sejumlah aparat terlibat, di antaranya, TNI, Satpol PP, Linmas dan unsur terkait lainnya.