Kamsol bajak sawah di Desa Binuang

id Bupati kamsol, pemkab kampar

Kamsol bajak sawah di Desa Binuang

Penjabat Bupati Kampar Kamsol uji coba traktor ilah lahan sawah di Desa Binuang

Bangkinang Kota (ANTARA) - Penjabat Bupati Kampar Kamsol mencoba menggunakantraktor untuk mengolah sawah di Desa Binuang, Kecamatan Bangkinang, Sabtu.

Dia memanfaatkan waktu libur ini dengan meninjau langsung lokasi Denfarm yang rencananya menjadi lahan percontohan untuk penanaman padi berteknologi Intensifikasi Padi Aerob Terkendali Berbasis Organik (IPAT-BO) untuk pemenuhan kebutuhan akan beras khusus di Kabupaten Kampar.

Ia berdiskusi dengan Ketua Kelompok Tani dan Kepala Bidang TPH tentang perkembangan persiapan penanaman padi perdana yang rencananya akan dimulai Agustus ini.

Sejumlah petani di sana menyampaikan tentang kondisi peralatan dan irigasi yang menjadi sumber masalah kesulitan bagi petani selama ini.

Tak canggung-canggung Kamsol mengoperasikan rotary traktor itu.

"Semoga program pertanian dengan teknologi IPAT BO dapat berjalan dengan lancar sesuai target dan Kampar akan memiliki sumber penghasil beras dengan merek Ulu Kasok," kata Kamsol saat turun bersama tim pangan dinas pertanian Kampar.

Teknologi ini dirancang sebagai teknologi hemat air, hemat pupuk anorganik, serta hemat benih, maka diharapkan ke depan tidak memberatkan masyarakat dalam mengolah lahan sawahnya dengan hasil yang maksimal.

Ia menyebutkan bahwa rencana peluncuran beras merek Ulu Kasok dipersiapkan untuk mencapai target dalam tahap peluncuran perdana pada Agustus ini. Bahkan kantongnya sudah dipesan untuk isi per 5 kg.

"Rencananya produksi beras super premium yang akan diberi merek Ulu Kasok, semoga rencana ini segera terwujud dan Kampar tidak lagi tergantung dengan daerah lain dalam memenuhi kebutuhan pangan," ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa lahan yang akan dibuka dan ditanami padi pada tahap awal seluas 500 hektare tersebar di tiga desa yakni Desa Pulau, Desa Binuang dan Desa Muara Uwai, namun untuk saat ini hanya dibuka 8,5 hektar sebagai lahan percontohan

Kemudian dalam pengolahan beras itu nanti akan dilakukan PT Kampar Agro Sejahtera melalui koperasi kelompok tani dan koperasi ASN yang dikelola secara digital.