Kapolda Riau apresiasi unjuk rasa mahasiswa di Pekanbaru berlangsung damai

id Kapolda Riau apresiasi aksi 11 April,Aksi mahasiswa

Kapolda Riau apresiasi unjuk rasa mahasiswa di Pekanbaru berlangsung damai

Suasana massa aksi di depan kantor DPRD Provinsi Riau. (ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbalmengapresiasi ribuan mahasiswa Riau yang melakukan demo di depan kantor DPRD Riau, Senin, berlangsung damai dan tertib hingga selesai.

"Terimakasih saya sampaikan kepada adik-adik mahasiswa yang sudah menyampaikan aspirasi dengan damai dan tertib. Saya sangat mengapresiasi. Alhamdulillah semua bisa berjalan baik," ucap Irjen Iqbal.

Menurut Iqbal, ini merupakan cerminan masyarakat Bumi Lancang Kuning yang menjunjung tinggi nilai kesantunan. Ia menilai para mahasiswa telah menyampaikan aspirasi dengan sejuk, dan tetap memperhatikan koridor aturan dan hukum yang berlaku.

Lanjutnya, Polri menjamin masyarakat untuk mendapatkan hak untuk berdemokrasi. Demo kali ini pun berjalan tanpa ada diwarnai aksi anarkis. Semua dapat mengendalikan dan menahan diri.

"Mulai dari siang hingga sore para mahasiswa tetap menjaga situasi kondusif. Semuanya aman dan terkendali. Setelah menyampaikan aspirasi dan tuntutannya di depan Kantor DPRD Riau, adik-adik mahasiswa pun membubarkan diri dengan tertib," sebutnya.

Selain itu,Iqbal turut berterima kasih kepada personel gabungan dari TNI, Polri, dan Satpol PP yang sudah melakukan pengamanan terhadap jalannya aksi demo dengan baik.

"Giat pengamanan juga telah dilakukan dengan baik, karena sejak awal saya sudah ingatkan agar melakukan pengamanan dengan humanis, dengan tetap menjaga kesucian Bulan Ramadan. Sebagaimana yang sudah diinstruksikan pula oleh Bapak Kapolri," ungkapnya.

"Tidak hanya mengawal dan mengamankan demo, petugas kita juga melakukan pengaturan arus lalu lintas, sehingga aktivitas masyarakat tidak terganggu dan tetap berjalan sebagaimana mestinya," pungkas Iqbal.