Petani Ikan Kuansing Kembali Dapat Bantuan

id petani ikan, kuansing kembali, dapat bantuan

Petani Ikan Kuansing Kembali Dapat Bantuan

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Petani ikan di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, kembali mendapat bantuan dari pemerintah melalui dana APBN ratusan juta rupiah untuk kegiatan berupa kolam percontohan, sarana produksi serta sarana dan prasarana balai benih.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kuantan Singingi Emmerson di Kuansing, akhir pekan lalu mengatakan, tahun 2012 bantuan pemerintah dalam meningkatkan budidaya perikanan juga telah diterima dan 2013 untuk kolam percontohan mendapat kucuran dana Rp120 juta, balai benih Rp125 juta dan kegiatan budi daya Rp60 juta.

Kegiatan ini diperuntukkan kepada kelompok tani yang sudah teridentifikasi dengan baik dan telah memenuhi persyaratan, Tahun 2013 ini ada 14 kelompok tani dengan masing masing kelompok terdiri dari 10 orang anggota.

Selain itu masih menggunakan dana APBN dengan program perairan umum pada dua paket kegiatan masing- masing kelompok mendapatkan dana sebesar Rp65 Juta. Dana tersebut langsung masuk kenomor rekening kelompok tani.

"Sejumlah paket yang menggunakan dana APBN tesebut merupakan bentuk tingginya perhatian Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi untuk meningkatkan pendapatan warga sehingga tidak hanya mengandalkan usaha perkebunan dan pertanian saja," sebutnya.

Bupati Kabupaten Kuantan Singingi H Sukarmis selalu meminta agar semua satker tetap memprogramkan kegiatan ekonomi kerakyatan dengan harapan di tahun mendatang warga Kuansing akan menjadi sejahtera.

Program ekonomi kerakyatan dirasakan sangat relevan untuk daerah ini, karena sebagian besar masyarakat hidup dari usaha pertanian. Selain itu daerah ini sangat cocok untuk usaha perikanan hingga menjadikan Kuansing sebagai salah satu penghasil ikan terbesar di Sumatera nantinya.

Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama yang memiliki usaha dengan memberikan bantuan program dan permodalan agar usaha mereka bisa berkembang