Dinas Perikanan Kampar Data Kerugian Petani Ikan

id dinas perikanan, kampar data, kerugian petani ikan

Dinas Perikanan Kampar Data Kerugian Petani Ikan

Kampar, (Antarariau.com) - Menyikapi musibah banjir di Kabupaten Kampar sejak Sabtu (16/1) yang lalu, Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Kampar menginventarisir kerugian yang dialami oleh para petani ikan, baik petani ikan kerambah maupun petani ikan kolam.

Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Kampar Ir Usman Amin mengatakan bahwa begitu mengetahui ada kerambah masyarakat yang hanyut, pada Sabtu malam (16/1) yang lalu, tim Diskan Kampar sudah turun ke lokasi banjir untuk melakukan pendataan.

Dikatakannya, total kerugian yang dialami oleh petani ikan kerambah dan petani ikan kolam diperkirakan kerugian secara keseluruhan mencapai Rp5,7 Miliar. Kerugian petani kerambah di Kecamatan Kampar muncul dengan bermacam kondisi, ada yang kerambah hanyut beserta ikannya, ada juga kerambah yang pecah dan hanya tinggal puing-puing karena ikan seluruhnya sudah tumpah ke dalam Sungai Kampar.

Tidak hanya petani ikan kerambah, para petani ikan kolam juga mengalami banyak kerugian, karena air Sungai Kampar juga menggenangi kolam ikan masyarakat sehingga air kolam meluap dan ikan pun keluar dari kolam. “Bermacam-macam keadaannnya, tetapi secara umum dapat kami sampaikan bahwa kerugian para petani ikan akibat banjir di awal tahun 2016 ini mencapai lebih kurang Rp5,7 Miliar,’’jelas Usman.

Hasil pendataan tersebut sudah dilaporkan oleh Usman kepada Bupati Kampar, dan juga disampaikan ke Pemerintah Pusat. Data yang dikumpulkan oleh Diskan Kampar tidak hanya jumlah kerugian saja, tetapi juga dalam bentuk dokumentasi foto kerambah yang hanyut serta video ketika kerambah terbawa arus Sungai Kampar. Demikian juga foto-foto kolam ikan yang ikut meluap.(adv)

Pewarta :
Editor: Netty Mindrayani
COPYRIGHT © ANTARA 2016