Menikmati madu kelulut di Kuok bersama Ipemi Kampar

id ipemi kampar, madu kelulut

Menikmati madu kelulut di Kuok bersama Ipemi Kampar

Sejumlah anggota Ipemi menikmati madu kelulut langsung dari sarangnya. (ANTARA/tangkapan layar)

Bangkinang Kota (ANTARA) - Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (Ipemi) Kabupaten Kampar melakukan kunjungan wisata ke Kuok Farm dan melihat produksi madu kelulut di Kecamatan Kuok, Kamis.

"Ini adalah kegiatan penghujung tahun 2021 dari sepanjang tahun, Ipemi melakukan acara outbound pertama kalinya untuk meningkatkan keakraban antar seluruh anggota dan pengurus Ipemi dari lima kecamatan yang ada untuk menuangkan ide-ide sekaligus menyampaikan laporan akhir tahun," kata Ketua Ipemi Ninik Sumartini dalam sambutannya di Balai Pelatihan Penelitian Pembangunan Teknologi Serat Tanaman Hutan (BP2TSTH) Kecamatan Kuok.

Tahun depan, lanjutnya, akan dilakukan kegiatan setiap kecamatan pada bulan genap dimulai Februari agar eksistensi Ipemi dapat dikenal masyarakat hingga ke tingkat desa.

Dewan Pakar Ipemi, Neneng menyampaikan agar organisasi ini melakukan kelengkapan seluruh administrasi secara legal sehingga mudah untuk mengembangkan diri lebih baik dan diakui secara luas.

Sementara itu salah seorang Dewan Pakar Ipemi Kecamatan Bangkinang Kota Era Noverianti memberikan gagasannya dan berharap agar Kampar lebih menonjol dari sisi ekonomi kreatifnya bukan hanya pariwisatanya saja.

Menurutnya, dari ekraf inilah yang dapat membantu dan mendorong kemajuan di bidang ekonomi secara langsung untuk masyarakat.

"Hasil karya, baik di bidang kuliner maupun kerajinan langsung dapat dijual di pasar," ujarnya.

Selain itu, Ketua Ipemi Kecamatan Bangkinang Kota Indah mengusulkan pada bulan puasa mendatang Ipemi dapat merancang membuat bazar di halaman parkir samping lapangan pelajar.

Sebelum acara dimulai, seluruh pengurus makan bersama dengan bekal yang dibawa masing-masing beralaskan tikar dan daun pisang tersusun memanjang di bawah pohon-pohon tinggi menjulang.

Selepas itu, rombongan melihat usaha madu kelulut Madu Ku Ok atau Madu Kuok milik warga yang tinggal di lokasi tidak jauh dari tempat acara sekaligus mencicipi madu langsung menghisap dari sarangnya. Usaha ini milik Andi Mandala. Beberapa orang ibu-ibu itu membeli madu sebagai buah tangannya pulang.

Kemudian rombongan yang berjumlah sekitar 30 orang itu menuju Kuok Farm tempat ternak kambing Etawa milik Yenni yang lokasinya di samping BP2TSTH.

Yenni menjelaskan soal produk lain dari ternak kambing etawa yang dia pelihara di depan rumahnya yakni susu kambing, kefir dan masker. Selain menjual kambing aqiqah dan kebutuhan acara pesta atau lainnya.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini seluruh anggota dan pengurus dapat menambah ilmu dan pengetahuannya bahkan dapat meningkatkan kreatifitas untuk berusaha lebih maju lagi," kata Ninik.