IPEMI Kampar gelar lomba buat hampers dan hantaran

id Ipemi,Ipeni kampar

IPEMI Kampar gelar lomba buat hampers dan hantaran

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Hendri Dunan, Manajer RUMAH BUMN Muhammad Riski dan Ketua IPEMI Kampar Ninik Sumarni foto bersama. (ANTARA/dok)

Bangkinang Kota (ANTARA) - Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Kabupaten Kampar menggelar lomba membuat hantaran dan Hampers di rumah BUMN Kampar lantai II Bank Mandiri Bangkinang Kota, Selasa.

Lomba itu dibuka oleh Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMK Kampar Hendri Dunan didampingi Kabidnya, serta Manajer Rumah BUMN Kampar Muhammad Riski serta Konsultan PLUT Mukhlis.

Ketua IPEMI Kampar Ninik menyampaikan bahwa tujuan digelarnya pelatihan ini agar ibu-ibu dapat meningkatkan kreasi, daya cipta, kreativitas, tidak mati langkah dalam mengembangkan usaha sehingga dapat meningkatkan daya saing di pasaran yang lebih luas.

"Ibu-ibu yang memiliki berbagai usaha dan tergabung dalam IPEMI ini diharapkan tidak hanya memiliki satu produk agar dapat mengembangkan produk dengan meningkatkan daya kreativitas melalui berbagai kegiatan dan mengikuti perlombaan untuk menambah wawasan pengetahuan," jelasnya.

Para pelaku usaha, agar terampil memanfaatkan setiap kesempatan dan peluang bisnis untuk menambah penghasilan.

Seperti halnya lomba yang diikuti 21 kecamatan anggota IPEMI membuat hantaran untuk nikahan dan bingkisan di dalamnya adalah produk buatan sendiri yang dikemas sangat menarik dapat diberikan kepada orang spesialis atau lainnya.

"Jika kemasan menarik, maka akan menambah nilai tukar atau nilai jual sehingga pada akhirnya mampu menarik minat beli dan dapat meningkatkan penghasilan," jelasnya

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ini merupakan binaan Disdagkop UKM Kampar serta bantuan, support dari Rumah BUMN memberikan tempat bagi IPEMI melaksanakan beberapa kegiatan juga bimbingan pihak Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) yang sering dijadikan tempat bagi kaum ibu ini bertanya dalam pengembangan kegiatan para pelaku usaha yang ada.

Ninik juga menceritakan bahwa UKM yang dia tekuni Fadilah Busana sudah mengadakan kerjasama dan koordinasi dengan Martin Swarsa Pondation mengadakan kegiatan Internasional

Harapan IPEMI kepada Disdagkop untuk membantu mendapatkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) dalam menumbuhkan dan memperkuat brand produk yang belum dimiliki.

Sementara itu, Hendri Dunan menyampaikan apresiasi kepada IPEMI dan Manajer Rumah BUMN yang telah bersama-sama menggiatkan UMKM dalam menumbuhkan potensi masyarakat.

Dia mengatakan, mulailah usaha yang kecil, biar sedikit tapi bermutu dan bisa berkembang terus menerus. Menurutnya usaha yang tidak pernah mati itu adalah UMKM ini, karena tidak meminjam modal besar. Sangat berbeda dengan perusahaan besar tetapi bisa kolaps karena harus melunasi pinjaman uang sebagai modal usaha.

Mantan Kepala Dinas Pertanian Kampar ini menyampaikan bahwa saat ini Penjabat Bupati Kampar tengah gencar membatu masyarakat agar UMKM dapat berkembang dengan baik dengan membuka empat titip gerai sebagai media pengembangan usaha.

Selain itu juga menjalin kerjasama dengan Shoopee, Tokopedia dan Gooerita untuk memberikan akses bagi pelaku usaha menembus pasar secara nasional bahkan internasional.

Di sisi lain, Manajer Rumah BUMN Muhamad Riski menyampaikan bahwa program yang ada di BUMN ini sifatnya hanya stimulus bukan merupakan bantuan terus menerus. Bagaimana masyarakat yang ingin mengembangkan usaha dapat terbantu dengan memanfaatkan fasilitas yang ada.

Yang bergabung di dalamnya itu berbagai bank yang memiliki program pengembangan usaha masyarakat dan sebagai koordinatonya adalah bank Mandiri.

Keluar sebagai juara dalam lomba Hampers juara I diperoleh oleh Deviana Fahraini untuk kerajinan rajut, juara 2 Juniarti dengan kreasi tas dari kain dan juara 3 Tuti Malvinas dengan aneka kue basah.