Kantor Pertanahan Inhil keluarkan 10.500 sertipikat untuk masyarakat

id Kantor pertanahan Inhil,Fairizon, penyerahan sertipikat tanah,sekda Inhil aprizal

Kantor Pertanahan Inhil keluarkan 10.500 sertipikat untuk masyarakat

Sekda Indragiri Hilir Drs. Afrizal saat menyerahkan sertipikat tanah kepada salah seorang masyarakat di Gedung Serba Guna Tuah Negeri Desa Mumpa, Kecamatan Tempuling, Senin (13/12/21). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Inhil)

Tembilahan (ANTARA) - Kantor Pertanahan Indragiri Hilir (Inhil), Riau mengeluarkan 10.500 sertipikat tanah gratis untuk masyarakat yang tersebar pada 25 lokasi Desa di daerah itu.

Kepala Kantor Pertanahan Inhil, Fairizon mengatakan penyerahansertipikat tanah tersebut merupakan wujud dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) oleh Kementerian ATR/BPN untuk kepentingan rakyat. Menurutnya, dengan sertipikat luas wilayah dari tanah tersebut dapat kejelasan.

“Program PTSL atau biasa kita sebut sertifikasi tanah ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memperoleh pengakuan hak atas tanah miliknya,” ucap Fairizon, Selasa.

Fairizon memaparkan, program PTSL yang diserahkan sertipikatnya, terbagi dalam 25 desa diantaranya, Kelurahan Madani, Desa Tanjung Labuh, Desa Sungai Mahang dan beberapa Desa lainnya dengan total 10.500 sertipikat.

Sekda Inhil, Afrizal mengatakan penyerahan sertifikat tanah ini ditujukan agar dapat memberikan kepastian hak kepada masyarakat yang berkekuatan hukum sehingga membantu menjamin hak tanah yang dimiliki masyarakat Inhil.

Pemerintah daerah Inhil beserta jajaran bertekad, untuk terus mendukung program PTSL ini agar semua persoalan sertifikat tanah di daerah rampung.

“Semoga pembagian sertifikat di tahap selanjutnya akan berjalan lancar, dan dari tahun ke tahun dapat memberikan manfaat yang baik kepada masyarakat khususnya masyarakat kabupaten Indragiri Hilir,” jelas Afrizal.

Dia juga mengucapkan terimakasih kepada Kantor Pertanahan Kabupaten Inhil, yang telah bekerja keras, sehingga pembagian sertifikat tanah untuk rakyat selesai dengan tepat waktu.