Aplikasi PLN Mobile memudahkan tambah daya dan pasang listrik, caranya?

id PLN Mobile,tambah daya listrik,pasang listrik baru,pln

Aplikasi PLN Mobile memudahkan tambah daya dan pasang listrik, caranya?

Ilustrasi - Pelanggan mengakses aplikasi PLN Mobile. (ANTARA/HO-PLN)

Jakarta (ANTARA) - Aplikasi PLN Mobile memberikan kemudahan kepada para pelanggan yang hendak menambah daya dan pasang listrik, sehingga tidak perlu lagi mendatangi kantor PLN terdekat.

"Ini memudahkan pelanggan untuk bisa melakukan tambah daya dan pasang listrik. Prosesnya juga cepat, pelanggan tak perlu lagi datang ke kantor PLN. Petugas PLN akan langsung memproses permintaan layanan ke rumah pelanggan," kata Executive Vice President Komunikasi Korporat PLN Agung Murdifipada keterangan di Jakarta, Jumat.

Agung menjelaskan cara mudah untuk tambah daya melalui aplikasi PLN Mobileyaitu memilih menu kelistrikan berlogo meteran yang muncul pada halaman utama aplikasi.

Pelanggan bisa memilih layanan yang dibutuhkan mulai dari penyambungan baru, perubahan daya, atau penyambungan sementara.

Dalam fitur tersebut pelanggan juga bisa langsung melihat besaran biaya dari layanan yang dipilih, termasuk memilih menu perubahan daya.

Selanjutnya, pelanggan dapat memilih salah satu dari nomor identitas pelanggan yang sudah terdaftar di PLN Mobile untuk diajukan tambah daya atau dapat juga memasukkan nomor identitas pelanggan lainnya.

Setelah memastikan lokasi sesuai, pelanggan akan diminta mengisi data-data termasuk pilihan besaran daya listrik tambah daya. Setelah memilih besaran kenaikan daya, pelanggan akan diarahkan ke laman selanjutnya, untuk data-data pelanggan.

Selepas proses pengisian data permohonan, klik submit permohonan dan menyetujui syarat serta ketentuan. Jika setuju, lanjutkan pembayaran.

Ada beberapa opsi pembayaran yang bisa dipilih seperti dompet digital maupun transfer bank melalui virtual account. Apabila telah sesuai, lanjutkan bayar. PLN Mobile akan mengarahkan ke metode pembayaran yang dipilih.

"Jika memilih pembayaran di salah satu dompet digital, maka PLN Mobile akan mengarahkan ke aplikasi yang dipilih. Setelah pembayaran dilakukan, Anda bisa mengecek detil status permohonan Anda di riwayat permohonan," jelas Agung.

Fitur yang sama juga bisa digunakan bagi pelanggan yang akan memasang listrik di gedung atau tempat baru. Pelanggan tinggal memilih fitur penyambungan baru.

"Berbagai inovasi yang diluncurkan PLN harapannya bisa meningkatkan experience masyarakat dalam mengakses kelistrikan. Kami berkomitmen terus memberikan pasokan listrik yang andal dan aman," ujar Agung.

Selain kemudahan tambah daya dan pasang listrik hingga pembelian listrik prabayar, pembayaran tagihan listrik pascabayar juga bisa diselesaikan melalui aplikasi PLN Mobile yang membuat pelanggan makin aman dan nyaman karena semua rekam jejak transaksi tercatat pada aplikasi tersebut.

Terdapat pula fitur pengaduan yang juga kerap digunakan oleh pelanggan. Melalui fitur itu, pelanggan bisa mengadu sekaligus memantau dan memonitor proses penyelesaian keluhan yang berkaitan dengan kelistrikan.

Keberadaan PLN Mobile juga mendukung electrifying lifestyle yang memudahkan orang melakukan segala aktivitas dengan menggunakan listrik.Electrifying lifestyle adalah gaya hidup baru dengan menggunakan peralatan serba elektrik yang bebas emisi dan ramah lingkungan.

PLN menargetkan ada 15 juta pelanggan mengunduh aplikasi PLN Mobile melalui Play Store dan App Store hingga akhir tahun ini. HinggaOktober 2021 jumlah pelanggan yang telah mengunduh aplikasi PLN Mobile mencapai lebih dari 11 juta kali.

Pewarta :
Editor: Frislidia
COPYRIGHT © ANTARA 2021