Pesta Tahun Baru, Pekanbaru Ada Car Free Night

id pesta tahun, baru pekanbaru, ada car, free night

Pekanbaru, (antarariau.com) - Polresta Pekanbaru berencana untuk menerapkan malam bebas kendaraan bermotor atau "Car Free Night" di ruas jalan protokol pada malam pergantian tahun 2013 di Kota Pekanbaru, Riau.

"Konsep ini mengadaptasi seperti di DKI Jakarta, hanya saja hanya diberlakukan di ruas Jalan Gajah Mada," kata Kasat Lantas Kompol M. Mustofa, di Pekanbaru, Kamis.

Ia menjelaskan, "car free night" akan diterapkan pada Senin malam (31/12) mulai pukul 21.00 hingga Selasa (1/1) pukul 01.00 WIB.

"Saat pelaksanaan kegiatan ini, semua jenis kendaraan bermotor tidak boleh masuk ke ruas Jalan Gajah Mada," katanya.

Ruas Jalan Gajah Mada tepat berada di pusat Kota Pekanbaru yang kerap digunakan warga untuk berpawai pada malam tahun baru. Ia mengatkaan, seluruh kendaraan bermotor yang biasa melalui jalan itu bisa menggunakan rute lain seperti melalui Jalan Kartini dan Jalan Patimura.

Menurut dia, tujuan penerapan konsep itu agar pengawasan terhadap warga yang hendak merayakan pergantian tahun lebih mudah.

"Kita menurunkan 20 personel Sat Lantas khusus untuk mengawasi kegiatan ini," ujarnya.

Sementara untuk lokasi parkir, pihak kepolisian telah menyiapkan beberapa titik. Di antaranya di Jalan Prambanan, Kantor Samsat dan jika diperlukan, lajur kiri di Jalan Diponegoro akan dijadikan tempat parkir.

"Kami mengimbau kepada segenap masyarakat agar tetap mematuhi rambu-rambu dan aturan lalu lintas.

Meski begitu, ia memprekiraka pada malam pergantian tahun kemacetan di beberapa ruas jalan pasti akan terjadi.