Bidan Desa di Cirebon sasar warga tuntaskan capaian vaksinasi COVID-19

id Vaksinasi COVID-19

Bidan Desa di Cirebon sasar warga tuntaskan capaian vaksinasi COVID-19

Petugas saat menyuntikkan vaksin kepada warga di Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (23/10/2021). (ANTARA/Khaerul Izan)

Cirebon (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, memberdayakan bidan desa untuk mengejar capaian vaksinasi COVID-19, agar daerah tersebut bisa segera turun ke level 2 dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

"Kita juga berdayakan bidan desa untuk mempercepat vaksinasi," kata Ketua Bidang Pelayanan Kesehatan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Cirebon Enny Suheaeni di Cirebon, Sabtu.

Menurutnya dengan diberdayakannya bidan desa, diharapkan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Cirebon, bisa segera mencapai target.

Di mana saat ini kata Enny, pihaknya masih fokus untuk menurunkan level PPKM di Kabupaten Cirebon yang saat ini berada di level 3.

Untuk itu lanjut Enny, capaian vaksinasi terus digenjot, terutama bagi lansia, karena dari target 154.777 jiwa yang sudah menjalani vaksinasi baru 37.633 orang atau 24,31 persen.

"Untuk syarat turun level vaksinasi keseluruhan 50 persen, sedangkan lansia 40 persen. Saat ini kita baru di angka 38 persen, sedangkan lansia 24 persen," tuturnya.

Ia menambahkan jumlah sasaran masyarakat Kabupaten Cirebon dalam program vaksinasi COVID-19 ini totalnya sebanyak 1.782.964 jiwa, dan saat ini baru mencapai 38 persen.

"Kita masih 12 persen lagi untuk mengejar penurunan level PPKM," katanya.***3***