Kampar Dirikan Pos Siaga Darurat Asap

id kampar dirikan, pos siaga, darurat asap

Bangkinang, (antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kampar mulai Rabu (5/9) telah mendirikan Pos Bencana Asap Siaga Darurat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Desa Rimbo Panjang Kecamatan Tambang.

"Pos ini adalah pos I yang menangani dua wilayah yakni Provinsi Riau dan Kabupaten Kampar, tujuannya untuk menerima laporan dari masyarakat dan media tentang adanya titik api yang ada di provinsi Riau dan Kabupaten," kata Kepala BPBD (Badan Penanggulagan Bencana Daerah) Kabupaten Kampar Ali Sabri, Rabu.

Personil yang ditugaskan pada pos itu, lanjut Ali Sabri sebanyak 10 orang per hari yang dibagi pada tiga shif, pukul 07.30 wIB – 15.00 WIB yang bertugas 3 orang, pukul 15.00 WIB hingga 23.00 WIB diturunkan 3 orang dan pukul 23.00 WIBb sampai 08.00 WIB diturunkan 4 orang.

Personil itu adalah gabungan dari BPBD, BLH (Badan Lingkungan Hidup), Damkar (Pemadam Kebakaran), Satpol PP. Kodim, Manggala Agni dari Dinas Kehutanan propinsi, “Semua tim ini turun ke lapangan apabila ada kejadian kebaran yang dilihat langsung atau informasi dari media dan masyarakat," terangnya.

Ali menyampaikan, kendaraan operasional yang diturunkan dari Damkar sebanyak 1 unit, 1 unit dari BPBD, 2 sepeda motor trail, dan tenda, jelasnya.

BPBD dalam hal ini sudah melakukan koordinasi dengan pihak perusahaan yakni PT Chevron untuk melakukan kerjasama, mereka siap untuk membantu pemadaman apabila terjadi di wilayah mereka.

Selain itu, pihak BPBD memberikan laporan kepada BPBD Propinsi tentang kondisi lahan dan hutan yang ada di Kabupaten Kampar. "Sejauh ini ada 55 titik asap, namun itu kiriman dari Sumatera Selatan, Jambi, Rohul, Pelalawan dan di Kampar konon ada 3 titik, namun belum diketahui dimana saja titik apinya,” jelasnya.