Antisipasi Lonjakan Permintaan Daging, 975 Sapi Disiapkan Pemkot Pekanbaru

id antisipasi lonjakan, permintaan daging, 975 sapi, disiapkan pemkot pekanbaru

Pekanbaru, (antarariau) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau, melalui Dinas Pertanian dan Peternakan setempat mempersiapkan sebanyak 975 ekor sapi selama Ramadhan untuk memenuhi kebutuhan warga.

"Persediaan daging sapi aman selama bulan puasa. Maka, warga diharapkan tidak perlu cemas karena telah disiapkan sebanyak 975 ekor," kata Kepala Dinas Petanian dan Peternakan Kota Pekanbaru, Sentot D. Prayitno di Pekanbaru, Minggu.

Ia mengatakan bahwa persiapan sapi itu merupakan antisipasi akibat banyak permintaan warga selama bulan puasa dan Lebaran untuk berbagai keperluan dapur.

Pernyataan tersebut sehubungan harga daging sapi terus naik selama bulan puasa karena pada hari pertama Ramadhan saja kenaikan mencapai 10 persen dari sebelumnya yang dijual pedagang di pasar tradisional di Kota Pekanbaru.

Padahal, kata dia, harga daging sebelum puasa sebesar Rp80 ribu per kilogram akhirnya menjadi Rp88 ribu/kg. Hal itu karena banyak permintaan warga untuk kebutuhan membuat rendang dan aneka makanan lain dengan menu daging.

Menurut dia, sapi itu merupakan hasil ternak lokal sebesar 41 persen dan selebihnya didatangkan dari Pulau Jawa maupun kota lain di Pulau Sumatera karena sapi lokal tidak mampu memenuhi kebutuhan setempat karena besarnya permintaan.

Ia mengharapkan para pedagang agar tidak semena-mena menaikkan harga dengan memanfaatkan momentum puasa.

Kebutuhan daging sapi dalam sehari lebih dari 26 ton untuk berbagai keperluan warga Kota Pekanbaru, yang dijual pedagang di sejumlah pasar tradisional dan pusat perbelanjaan.

Sementara itu, Kepala Unit Pelayanan Teknik Dinas (UPTD) Rumah Potong Hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Pemerintah Kota Pekanbaru, drh. Tito S. membenarkan kebutuhan daging sapi di Pekanbaru setiap hari lebih dari 26 ton.

Tito mengatakan bahwa hal itu merupakan kebutuhan pada hari normal. Bila menjelang hari besar keagamaan, tentu akan meningkat mencapai 15 persen hingga 20 persen.

Walau begitu, pihaknya menjamin bahwa kebutuhan daging selama Ramadhan mencukupi karena tersedianya sejumlah ternak sapi di kawasan Palas, Kecamatan Rumbai.