Emrizal: AFC Tetap Dilaksanakan di Stadion Utama PON

id emrizal afc, tetap dilaksanakan, di stadion, utama pon

Emrizal: AFC Tetap Dilaksanakan di Stadion Utama PON

Pekanbaru (antarariau) - Kualifikasi Piala ASEAN Footaball Confederation (AFC) akan tetap dilaksanakan dan tidak akan terpengaruh oleh kemelut internal antara pihak subkontraktor dan konsorsium serta Dinas Pemuda dan Olahara (Dispora) Riau.

"Kualifikasi AFC akan tetap dilaksanakan di Pekanbaru dengan menggunakan Stadion Utama Pekan Olahraga Nasional (PON)," kata Pejabat sementara (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau Emrizal Pakis lewat perbincangan telepon kepada ANTARA di Pekanbaru, Minggu.

Emrizal mengatakan, semua persiapan untuk pelaksanaan pentas olahraga internasional tersebut juga telah disiapkan sematang mungkin dengan melibatkan sejumlah pihak terkait termasuk Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Pusat.

"Kami juga berharap penyelenggaraannya dapan berjalan lancar sesuai dengan apa yang kita inginkan. Jangan sampai permasalahan internal justru menghambat rencana itu," katanya.

Dia mengatakan, sejauh ini pihaknya bersama pihak-pihak terkait lainnya berusaha untuk tetap komitmen dan bersama menyukseskan rencana pagelaran AFC.

Terkait pengamanan, katanya, pihaknya mengimbau agar masing-masing pihak terkait, mulai dari konsorsium hingga subkontraktor untuk dapat memberikan pengamanan masing-masing pada internalnya.

"Saya rasa, masalah ini adalah masalah internal dan jangan sampai menghambat rencana yang sudah disusun rapi oleh pemerintah," katanya.

Permasalahan internal yang dimaksud Emrizal yakni terkait tagihan pekerjaan para subkontraktor pengerja proyek Stadion Utama senilai Rp900 miliar.

Pada realisasinya, seperti diakui juru bicara subkontraktor proyek tersebut, Ari Setiawan, bahwa tagihan yang diajukan sekiar 80 persen atau setara Rp20-25 miliar, masih dicairkan sekitar 30 persennya saja ataupun setara dengan Rp8 miliar.

"Saya berharap, seluruh pihak terkait termasuk subkontraktor dapat bersabar karena tagihan yang diajukan sedang dalam proses pencairan. Jangan bertindak gegabah yang justru merugikan banyak pihak," katanya.

Sebelumnya Gubernur Riau HM Rusli Zainal dalam sebuah acara menyatakan kebanggaannya atas rencana diselenggarakannya kualifikasi AFC di Pekanbaru.

"Saya berharap semua pihak dapat mendukung rencana ini hingga Pekanbaru dan Riau pada umumnya akan lebih dikenal di dunia internasional," katanya.

Pekanbaru akan menjadi tuan rumah kualifikasi AFC U-22 tahun 2013 untuk pertandingan group E yang mencakup enam negara. Pertandingan kualifikasi AFC U-22 ini pertama kali diadakan di Riau, dan event ini juga baru di AFC, serta akan digelar di main stadium yang baru.

Para peserta yakni dari Australia, Jepang, Singapura, Timur Leste, Makaw, dan Indonesia sebagai tuan rumah. Pertandingan pada 5-15 Juli 2012 yang rencananya akan dilaksanakan di Stadion Utama PON pada Kompleks Universitas Riau (UR) Panam dan di Stadion Kaharuddin Nasution Kecamatan Rumbai.