Catur PON Riau Digelar Di Hotel pangeran

id catur pon, riau digelar, di hotel pangeran

Catur PON Riau Digelar Di Hotel pangeran

Pekanbaru, (antarariau) - Manajemen Hotel Pangeran Pekanbaru, Provinsi Riau, menyatakan siap untuk menggelar cabang olahraga catur untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Provinsi Riau.

"Kami sudah menyiapkan ruangan khusus yang steril untuk menggelar catur PON," kata General Manager Hotel Pangeran Pekanbaru Atiek Lubis kepada ANTARA di Pekanbaru, Jumat.

Menurut dia, Pengprov Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Riau telah melakukan survei dan menyatakan hotel tersebut sangat representatif untuk menggelar cabang olahraga catur.

Ia mengatakan pihak hotel juga akan menjaga agar lokasi pertandingan tertutup rapat mengikuti standar internasional yang tidak memperbolehkan sembarang orang masuk ke ruangan pertandingan.

"Dalam pertandingan catur nasional dan internasional, tidak boleh sembarang orang masuk ke dalam ruangan karena bisa mengganggu konsentrasi pecatur. Hal itu yang akan kami benar-benar perhatikan," katanya.

Selain itu, ia mengatakan Hotel Pangeran Pekanbaru juga akan sekaligus menjadi tempat menginap atlet dan official cabang olahraga catur PON. Menurut Atiek, manajemen sudah menyiapkan sebanyak 93 kamar dari seluruh 199 kamar yang ada di hotel itu.

"Dengan begitu, atlet tidak perlu khawatir terlambat ke pertandingan karena menurut aturannya kalau terlambat satu menit saja bisa terancam didiskualifikasi," ujarnya.

Ia menambahkan, cabang olahraga catur pada PON XVIII akan dilangsungkan selama 10 hari pada bulan September.

PON XVIII di Riau akan diselenggarakan mulai 9 hingga 20 September 2012.

Ada 10 daerah di Riau yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan cabang olahraga meliputi Kota Pekanbaru, Dumai, Kabupaten Pelalawan, Kampar, Kuantan Singingi, Bengkalis, Siak, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, dan Rokan Hulu.

Berdasarkan data Panitia Besar PON XVIII Riau, tidak kurang 10.455 orang terdiri dari atlet, pelatih dan ofisial bakal terlibat dalam iven olahraga empat tahunan itu.