Lapas Tembilahan hadirkan Gerpusling Lapaste, begini penjelasannya

id Gerobak pustaka keliling,lapas Kelas IIA Tembilahan,lapas Tembilahan,Gerpusling,Gerpusling Lapaste,Kalapas Kelas IIA Tembilahan, Julianto Budhi Praset

Lapas Tembilahan hadirkan Gerpusling Lapaste, begini penjelasannya

Warga binaan pemasyarakatan saat menikmati layanan Gerpusling Lapaste. (ANTARA/Adriah)

Indragiri Hilir (ANTARA) - Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Kelas IIA Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau terus berinovasi untuk memberikan kenyaman kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP). Selain memberikan layanan layanan pos kesehatan keliling (Poskeling), kali ini dihadirkan gerobak perpustakaan keliling (Gerpusling) Lapas Tembilahan (Lapaste).

Kalapas Kelas IIA Tembilahan, Julianto Budhi Prasetyono, Sabtu kepada ANTARA mengatakan Poskeling dan Gerpusing Lapaste untuk memberikan layanan optimal terkait penyediaan bahan bacaan bagi WBP.

“Ini merupak usaha kita dalam mewujudkan pelayanan yang optimal dan prima bagi WBP dalam penyediaan bahan bacaan bagi WBP di Lapas Kelas IIA Tembilahan,” sebut Budhi.

Budhi mengatakan bahwa, Lapas Kelas IIA Tembilahan sebenarnya sudah memiliki ruang perpustakaan, namun Gerpusling Lapaste hadir guna penyegaran dan meningkatkan minat baca WBP.

Dia mengatakan bahwa Gerpusling Lapaste dilakukan setiap hari dari pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB sama seperti pelaksanaan Poskeling.

“Jadi Gerpusling Lapaste ini dilaksanakan setiap hari dengan blok WBP yang berbeda-beda,” sebutnya.

Untuk ketersediaan buku bacaan, ia mengatakan bahwa pihaknya hanya menggunakan buku yang dimiliki di Perpustakaan Laspas Tembilahan Kelas IIA Tembilahan.

Oleh karena itu, dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan komunikasi dengan pihak perpustakaan daerah untuk menambah jumlah buku bacaan.

“Saat ini kita belum ada komunikasi dengan pihak perpustakaan daerah, yang jelas kita berbuat dulu. Untuk menjalankan Gerpusling Lapaste ini memang membutuhkan dukungan dari berbagai pihak,” bebernya.

Kegiatan Gerpusling Lapaste sangat disambut baik oleh WBP, hal itu terbutki dengan banyaknya WBP yang memburu buku-buku di Gerpusling Lapaste.

Disamping itu, dia menuturkan bahwa Gerpusling Lapaste ini merupakan ide dari jajaran Lapas Kelas IIA Tembilahan.

"Jadi Gerpusling Lapaste dan Poskeling adalah ide dari anggota. Saya akan terus mendukung ide-ide kreatif anggota demi kenyamanan WBP,” sebutnya.

Dengan hadirnya Gerpusling Lapaste diharapkan dapat menjadikan Pelayanan yang ada pada Lapas Tembilahan menjadi semakin Prima, khususnya layanan penyediaan bahan bacaan bagi WBP sehingga minat baca WBP semakin meningkat dan membaca dapat menjadi budaya dalam mengisi waktu luang bagi WBP itu sendiri.

Baca juga: Lapas dan Imigrasi Selatpanjang komit wujudkan WBK dan WBBM

Baca juga: Enam napi narkoba mantan pegawai Lapas Riau dipindahkan ke Nusakambangan