Lapas dan Imigrasi Selatpanjang komit wujudkan WBK dan WBBM

id Kemenkumham, lapas riau, lapas selatpanjang

Lapas dan Imigrasi Selatpanjang komit wujudkan WBK dan WBBM

Penandatanganan komitmen bersama Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM oleh Kepala Imigrasi Kelas II TPI Selatpanjang, Maryana dan Kepala Lapas Kelas IIB Selatpanjang, Khairul Bahri Siregar. (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Kantor Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Selatpanjang dan Imigrasi Kelas IIB TPI Selatpanjang berkomitmen membangun zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Pencanangan komitmen itu ditandai melalui deklarasi janji kerja dan penandatanganan pakta integritas oleh Kepala Lapas Kelas IIB Selatpanjang, Khairul Bahri Siregar dengan Kepala Imigrasi Kelas II TPI Selatpanjang, Maryana serta staf jajarannya masing-masing.

Kepala Kanwil Kemenkumham Riau Ibnu Chuldunmelalui Kepala Divisi Keimigrasian Mujiyonomengatakan, dua lembaga tersebut telah memenuhi syarat dan lolos dalam tahap penilaian internal. Sehingga secara de facto berpredikat WBK berdasarkan keputusan Kemenkumham RI dan Kanwil Kemenkumham Riau.

"Tahun 2020, Lapas dan Imigrasi Selatpanjang sudah masuk dalam tim penilaian nasional. Jadi tinggal satu langkah lagi melakukan WBK dan WBBM," ujarnya kepada wartawan usai kegiatan penandatanganan komitmen membangun zona integritas menuju WBK dan WBBM di halaman Lapas Kelas IIB Selatpanjang, Jum'at (19/2) sore.

Baca juga: Enam napi narkoba mantan pegawai Lapas Riau dipindahkan ke Nusakambangan

Menurutnya, setelah pencanangan ini apakah ada perubahan before dan after nya (sebelum dan sesudah). Ia menegaskan kepada kedua pimpinan dua lembaga ini agar segera melakukan perubahan yang mendasar untuk meningkatkan pelayanan publik yang lebih berpihak kepada masyarakat.

Hal itu juga untuk mendukung sasaran Reformasi Birokrasi. Yaitu birokrasi yang bersih, akuntabel, berkinerja tinggi, efektif, efisien, dan yang mempunyai pelayanan publik yang berkualitas.

"Meningkatkan kualitas pelayanan publik itu yang paling utama. Jadi pelayanan ini memang benar-benar dirasakan oleh masyarakat," katanya.

Baca juga: Lapas Tembilahan berikan layanan Poskeling terhadap WBP

Asisten II Setda Kepulauan Meranti, Drs Asroruddin yang ikut hadir saat itu berharap kedua lembaga dapat terus meningkatkan pelayanan fasilitas publik dari deklarasi janji kinerja membangun zona integritas itu.

"Pencanangan ini tidak hanya sebatas slogan saja. Tapi sesuai peraturan menteri, zona integritas itu bertujuan agar lingkungan pemerintah atau lembaga bebas korupsi, bersih, dan melayani. Untuk itu, perlu dukungan semua pihak terkait untuk mewujudkannya," ujarnya.

Baca juga: Kemenkumham Riau aktifkan Blok Pengendali Narkoba yang seketat Nusakambangan