Siswa miskin terima beasiswa supersemar

id siswa miskin, terima beasiswa supersemar

Pekanbaru - Lebih 300 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri dan swasta di Provinsi Riau akan menerima beasiswa tahun 2012 yang dananya bersumber dari Yayasan Supersemar.

"Kalau tidak salah, jumlah bantuannya adalah sebanyak Rp75.000,- untuk per siswa dan diberikan setiap bulannya selama sekitar satu tahun," kata Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan pada Dinas Pendidikan (Disdik) Riau, Drs H Helmi di Pekanbaru, Kamis.

Kabar mengenai beasiswa dari Yayasan Supersemar ini, kata dia, sebenarnya telah diterima sejak awal Februari 2012. Pihak yayasan meminta Disdik Riau untuk menyiapkan data jumlah siswa atau murid kurang mampu setingkat SMK di Riau.

"Penyampaian ini dipesankan secara tertulis dan kami telah mengajukan sebanyak 300 siswa dari sebanyak 60 SMK yang ada di Riau," katanya.

Puluhan SMK yang dimaksud, demikian Helmi, tersebar di seluruh wilayah kabupaten dan kota yang ada di Riau yang sebelumnya juga telah diminta oleh Disdik setempat.

Disdik kabupaten dan kota ini, katanya, sebelumnya juga diminta untuk sosialisasi program beasiswa Supersemar ini ke seluruh SMK Negeri dan swasta di daerah masing-masing.

Menurut Helmi, tidak rumit untuk mendapatkan bantuan siswa miskin ini. Pihak sekolah hanya diminta untuk mengajukan proposal terkait permintaan beasiswa tersebut.

"Dalam proposal yang dimaksud juga harus dicantumkan nama-nama siswa yang menjadi calon penerimanya. Proposal itu juga dikirimkan langsung kepada Yayasan Supersemar," ujarnya.

Namun Helmi menjelaskan bahwa bagi para siswa yang nantinya menerima beasiswa Supersemar, tidak lagi mendapatkan Bantuan Khusus Murid Miskin (BKMM) yang pendanaannya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Hal ini sengaja dilakukan agar pembagian beasiswa merata," ujarnya.