BMKG: Peluang hujan cukup tinggi

id bmkg peluang, hujan cukup tinggi

Pekanbaru - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Pekanbaru memprakirakan peluang hujan untuk sejumlah wilayah di Provinsi Riau hari ini hingga satu hari ke depan masih cukup tinggi.

"Intensitasnya masih ringan sedang," kata Prakirawati BMKG Stasiun Meteorologi Pekanbaru, Warih Budi Lestari, di Pekanbaru, Rabu.

Mengatasnamakan Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Pekanbaru, Philip Mustamu, Warih mengatakan, peluang hujan hampir merata mengarah ke seluruh wilayah kabupaten/kota se-Provinsi Riau, seperti Kabupaten Kuantansingingi, Indragiri Hulu, Pelalawan, Kampar, dan juga Pekanbaru.

Sementara untuk Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis, Meranti dan Kota Dumai, demikian Warih, diprakirakan masih akan cerah berawan.

Warih juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada datang hujan dengan sedia jaket tak tembus air atau mantel, khususnya masyarakat yang hobi berkendara sepeda motor.

"Setidaknya upaya pengaman diri ini untuk jaga-jaga, jangan sampai hujan menghambat aktivitas dan membuat daya tahan tubuh melemah hingga menimbulkan sakit," ujarnya.

Ditanya mengenai kondisi terburuk di pekan kedua pada Februari 2012 ini, menurut Warih kecenderungan masih sama, yakni cuaca yang cenderung tak beraturan alias panas dingin.

"Siang hari iru suhu udara terkadang bisa berada di atas normal, sehingga terasa sangat panas. Sementara pada sore hingga malam hari justru akan berpotensi hujan," katanya.

Sebelumnya, hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah di Riau juga telah mengakibatkan dua ruas jalan utama seperti lintas Riau-Sumatra Utara di Kecamatan Tambusai Utara, Rokan Hulu dan jalur penghubung dua kecamatan di Kabupaten Kuantan Singingi dikabarkan putus setelah hujan semalam memuat jalan kian hancur.