Tips Memilih Buah Durian

id tips memilih, buah durian

Tips Memilih Buah Durian

Pekanbaru (ANTARARiau News) - Pekanbaru merupakan kota yang tidak pernah kehabisan stok buah durian, namun ada baiknya teman-teman jangan sampai salah pilih memilih buah berduri itu.

Berikut beberapa tips memilih durian yang dirangkum dari berbagai sumbar:

1. Warna. Kulit buah durian yang matang akan berwarna kuning kecoklatan. Tetapi ingat, jangan sampai terkecoh memilih durian yang bukan matang alami karena hanya dengan melihat warnanya. Bisa jadi itu karena proses pematangan dengan cara pemeraman, yaitu proses pemaksaan pematangan buah yang menggunakan karbit. Akibatnya, daging buah kurang manis.

2. Aroma. Durian yang sebenarnya adalah ketika kita mendekatkan hidung ke durian aroma baunya akan terasa tajam. Apabila kurang berbau, itu menandakan durian tidak matang dengan alami melainkan pedagang menyemprotkan aroma durian.

2. Bunyi. Pukul durian dengan gagang pisau. Apabila durian yang matang dipukul akan mengeluarkan bunyi gema serasa ada udara didalamnya. Apabila masih mentah, maka akan terasa padat ketika dipukul.

3. Kulit. Durian yang matang dengan alami mempunyai struktur duri yang besar tumpul dan agak jarang antara duri yang satu dengan lainnya.

4. Bentuk. Bentuk buah yang tidak bulat biasanya mempunyai daging buah yang tebal dan biji yang kecil.

Semoga sejumlah tips di atas bisa membantu teman-teman memilih saat "banjir" durian mulai datang ke Pekanbaru. Selamat memilih dan membelah durian!

*Kontributor Ganda Wibowo (Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau)