ANTARA Gelar Anugerah Generasi Hijau

id antara gelar, anugerah generasi hijau

ANTARA Gelar Anugerah Generasi Hijau

Pekanbaru, (ANTARARIAU News) - Kantor Berita Nasional ANTARA Biro Riau mengadakan lomba karya tulis untuk kalangan mahasiswa di Riau bertajuk "Anugerah Generasi Hijau 2011", dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November.

"Ajang kompetisi dan pelatihan jurnalistik ini adalah sebuah bentuk komitmen ANTARA Biro Riau dalam mengapresiasi dan memotivasi mahasiswa untuk mengasilkan karya terbaiknya," kata Kepala Biro ANTARA Biro Riau, Manuel Jeffrey Rawis, di Pekanbaru, Senin (7/11).

Jeffrey menjelaskan, AGH 2011 merupakan kerjasama Perum LKBN ANTARA Biro Riau dengan dengan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP). AGH 2011 menurut Jeffrey tidak memungut biaya apapun dari peserta.

Selain itu, acara anugerah ini nantinya juga akan dirangkai dengan pelatihan jurnalistik untuk 40 peserta yang karyanya masuk dalam seleksi awal oleh panitia lomba.

"Gratis, peserta tidak dipungut biaya sama sekali dan berhadiah," katanya.

Puncak acara sekaligus pengumuman pemenang, menurut Jeffrey akan digelar pada tanggal 13 Desember di Kantor Berita ANTARA dirangkai dengan acara HUT ANTARA. Ditanya mengenai persyaratannya, Jeffrey menyarankan kepada para mahasiswa yang berminat mengikuti ajang yang berhadiah jutaan rupiah ini untuk berkunjung ke situs ANTARA Riau.

"Kunjungi website www.antarariau.com terus klik saja banner hijau di situ," ujarnya.

Direktur Utama Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) Kusnan Rahmin mengatakan bahwa program penulisan karya jurnalistik yang diadakan oleh ANTARA dan RAPP ini sangat bermanfaat sekali bagi proses pembelajaran mahasiswa mengenai "green journalism" sekaligus sebagai bentuk implemetasi tindakan "kepahlawanan" di masa kini dalam mengisi kemerdekaan.

"Memperingati hari pahlawan yang jatuh pada 10 november nanti tidak harus diartikan terlalu harfiah," kata Kusnan.

Kusnan menandaskan, memperingati hari pahlawan juga bisa dilakukan dengan berkontribusi melalui sumbang pemikiran atau saran yang berkaitan dengan pembangunan masyarakat dan bangsa.

"Dengan lebih mengenal pahlawan ekonomi yang ada di masyarakat dan telah berkontribusi sebagai penggerak roda perekonomian disuatu daerah misalnya," kata Kusnan

Lebih lanjut Kusnan menambahkan bahwa kegiatan penulisan karya jurnalistik ini akan menjadi inisiasi awal guna mencari bakat-bakat jurnalis yang handal sehingga mereka dapat mengabdikan diri kepada masyarakat dan negara setelah lulus nanti.

"Saya berharap dengan adanya lomba ini maka akan muncul penulis-penulis berbakat yang lebih mengenal apa yang dimaksud dengan pengelolaan hutan secara lestari dan berkelanjutan termasuk didalamnya bagaimana industri HTI dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat, peluang bisnis, kemandirian ekonomi melalui ketahanan pangan, pemberdayaan masyarakat serta penciptaan Usaha Kecil Menengah (UKM)," tutup Kusnan.