PAN minta kader hingga ranting berperan tanggulangi COVID-19

id Pan,PAN Riau

PAN minta kader hingga ranting berperan tanggulangi COVID-19

PAN telah menerbitkan Surat Edaran PAN/A/03/K-S/014/III/2020, yang berisikan  empat point  instruksi  yang harus dilakukan guna membantu  pemerintah menanggulangi  COVID-19, Pekanbaru Rabu (8/4). (Vera Lusiana)

 Pekanbaru (ANTARA) - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Riau meminta semua kadernya dari level atas hingga daerah agar berperan serta menanggulangi peredaran COVID-19 di wilayah setempat.

PAN telah menerbitkan Surat Edaran PAN/A/03/K-S/014/III/2020, yang berisikan empat poininstruksi yang harus dilakukan guna membantu pemerintah menanggulangiCOVID-19.

"Instruksi ini diterbitkan untuk mendorong gerakan yang lebih terpadu, terstruktur dan massif dalam ihtiar kolektif dan mendukung pemerintah dalam menanggulangi wabah COVID-19," kata Ketua DPW PAN Riau H Irwan melalui Wakil Ketua Bidang Infokom DPW PAN Riau, Makmur di Pekanbaru, Rabu.

Makmur mengatakan, instruksi tersebut berisikan empat poin penting di antaranya, sosialisasi kepada masyarakat tentang gerakan penyadaran bahaya COVID-19. Aktif melakukan kegiatan sosial seperti penyemprotan disinfektan bagi rumah ibadah, fasos dan fasum, fasilitas cuci tangan, masker, vitamin, kebutuhan pokok dan sebagainya.

PAN juga meminta kader eksekutif produktif menghasilkan kebijakan publik yang berorientasi kepada kepentingan masyarakat, khususnya upaya mendesak penanggulangan penularan COVID-19.

"Bahkan ada poin dari instruksi itu diminta para eksekutif PAN untuk menyisihkan penghasilannya minimal tiga bulan sebagai donasi yang diperuntukkan bagi kepentingan penanggulangan COVID-19 dan dampaknya," kata dia didampingi Wakil Ketua Bidang POK Mustafa Kamal,

Wakil Ketua Bidang Kaderisasi DPW PAN Riau Martius Busti danWakil Ketua Bidang Litbang DPW PAN Riau Peri Akri.

Instruksi lainnya anggota Fraksi PAN provinsi, kabupaten/kota, harus aktif di bidang legislasi penganggaran, dan pengawasan serta mengawal dan mendesak kinerja pemerintah daerah dalam upaya mendesak penanggulangan COVID-19.

"Poin terakhir seluruh kader PAN dan keluarga besar diimbau senantiasa aktif menjaga diri, lingkungan, dengan mengacu kepada protokol kesehatan antisipasi COVID-19," katanya.

Sementara itu Wakil Ketua Bidang Litbang DPW PAN Riau Peri Akri mengatakan, beberapa pengurus DPD PAN di daerah sudah ada yang memulai menjalankan instruksi tersebut.

"Seperti Siak dan Indragiri Hulu sudah melakukan penyemprotan rumah ibadah, fasilitas umum," kata Peri.

Baca juga: Cegah penularan COVID-19, Fraksi PAN desak pemda patroli bubarkan kerumunan

Baca juga: Anggota DPR dukung penindakan tegas pelanggar aturan COVID-19