Marak terjadi kebakaran, DPKP Inhil akan bentuk Redkar di seluruh kecamatan

id Kepala DPKP Inhil, Eddiwan Shasby,relawan pemadan kebakaran, redkar inhil

Marak terjadi kebakaran, DPKP Inhil akan bentuk Redkar di seluruh kecamatan

Kepala DPKP Inhil, Eddiwan Shasby. (Dok Pribadi)

Indragiri Hilir (ANTARA) - Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Indragiri Hilir akan membentuk relawan pemadan kebakaran (Redkar) di setiap kecamatan guna meningkatkan peran serta masyarakat dalam mencegah terjadinya kebakaran.

"Kami akan bentuk Redkar di seluruh kecamatan yang nanti difasilitasi pemerintah kecamatan," ujar Kepala DPKP Inhil, Eddiwan Shasby,Kamis (19/3)

Tidak hanya di tingkat kecamatan, Redkarjuga akan dibentuk di tingkat kelurahan dan desa.

Eddiwan menjelaskan bahwa Redkar ini merupakan organisasi sosial berbasis masyarakat yang secara sukarela berpartisipasi mewujudkan ketahanan lingkungan dari bahaya kebakaran.

Tujuan dibentuknya Redkar ini, ungkap Eddiwan, untuk meningkatkan peran serta masyarakat, membantu pencapaian mutu SPM, menciptakan sinergi antara Damkar, masyarakat dan meningkatkan ketahanan masyarakat dalam menghadapi bahaya kebakaran serta berperan dalam aspek pencegahan dan keamanan lingkungan.

Selain itu, Redkar juga bertujuan membantu petugas melakukan pemadaman sedini mungkin. Berperan dalam aspek pencegahan dan keamanan lingkungan sekitarnya.

"Diharapkan dapat meningkatkan respon dan pencegahan kebakaran sehingga memberikan rasa aman di tengah masyarakat," ujar Eddiwan.

Mantan Kadis Perkebunan Kabupaten Inhil ini mengajak seluruh masyarakat untuk rutin melakukan pengecekan instalasi listrik untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran.

"Pengecekan instalasi listrik ini merupakan salah satu langkah untuk mencegah terjadinya kebakaran," tukasnya.

Baca juga: Memilukan, Bayi 10 bulan di Inhil alami luka bakar 60 persen

Baca juga: Tim Gabungan padamkan kebakaran lahan gambut hingga malam di Inhil


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar