DPKP Inhil evakuasi buaya sepanjang 3 meter di Desa Sungai Ara

id Buaya di Inhil,DPKP Inhil,Desa Sungai Ara,Inhil,Indragiri Hilir,buaya,Eddiwan Shasby,buaya inhil

DPKP Inhil evakuasi buaya sepanjang 3 meter di Desa Sungai Ara

TRC DPKP Inhil usai melakuan evakuasi buaya sepanjang 3 meter di Desa Sungai Ara, Kecamatan Kempas, Kamis (19/5/2022). (ANTARA/HO-DPKP Inhil)

Indragiri Hilir (ANTARA) - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) berhasil menangkap seekor buaya berukuran 3 meter yang selama ini membuat warga Desa Sungai Ara, Kecamatan Kempas resah, Kamis (19/5).

Kepala DPKP Inhil Eddiwan Shasby, Kamis, mengatakan bahwa Kepala Desa Sungai Ara mengirimkan surat kepada Bupati Inhil, Muhammad Wardan yang berisi keluhan masyarakat.

“Menanggapi surat tersebut, kami langsung menerjunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk mengevakuasi buaya muara yang telah meresahkan masyarakat,” sebutnya.

Eddiwan menuturkan bahwa pihaknya menerjunkan sebanyak 2 regu TRC yang terdiri lebih dari 20 orang didampingi Pengawas.

Selain itu, DPKP Inhil juga menurunkan tim medis sebanyak tiga orang, media satu orang.

Baca juga: Warga Inhil diterkam buaya saat cuci kepiting di sungai

Sebelum melakukan evakuasi buaya muara tersebut, DPKP Inhil terlebih dahulu melakukan briefing untuk menyusun strategi evakuasi buaya itu.

Sekira pukul 16.30 WIB, Rabu (18/5) TRC telah berada di Desa Sungai Ara dan TRC langsung menyusuri parit-parit lokasi buaya tersebut sering ditemukan.

Proses penangkapan buaya tersebut memakan waktu lebih kurang 5 jam dan beberapa kali mengalami kegagalan karena buaya yang ditangkap cukup besar, Tim terus melakukan pencarian sampai malam hari.

"Tepat Pukul 00.30 WIB, TRC DPKP Kabupaten Inhil berhasil melakukan evakuasi buaya tersebut dan Langsung diamankan diMako DPKP Inhil di Jalan SKB Tembilahan sambil menunggu koordinasi lebih lanjut dengan BKSDA Rengat" Ujarnya.

Eddiwan menuturkan bahwa buaya hasil tangkapan DPKP Inhil memiliki panjang lebih kurang 3 meter dengan lebar lebih kurang 40-50 cm.

"Alhamdulillah operasi yang dilakukan DPKP Inhilini berjalandenganlancar dan baik serta semua anggota dalam keadaan baik-baik, keletihan dalam melaksanakan tugas sudah terbayarkan dengan keberhasilan penangkapan buaya hari ini,” sebutnya.

Baca juga: Bocah 11 tahun tewas diterkam buaya saat mandi di Sungai Kateman Inhil

Baca juga: Sempat kesulitan, DPKP Inhil berhasil evakuasi buaya 5 M di Desa Sungai Piyai