Siak paling luas terbakar di Riau, bupati heran

id karhutla, karhutla siak, darurat karhutla,karhutla riau, kebakaran lahan

Siak paling luas terbakar di Riau, bupati heran

Kondisi kebakaran lahan di Sungai Apit, Siak.(ANTARA/HO-Sinar Mas)

Siak (ANTARA) - Bupati SiakAlfedri mengaku heran dengan banyaknya kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayahnya sehingga membuat daerah yang dipimpinnya menjadi kabupaten paling luas terbakar di Provinsi Riau pada Januari-Februari 2020.

Padahal, pihaknya sudah mensosialisasikan untuk melakukan pencegahan dengan baik dengan melakukan sekat bakar. Siak menurutnya juga satu-satunya pemerintah daerah yang melakukan pengadaan alat berat eskavator mengantisipasi karhutla.

"Kami heran juga ini, makanya Kepala Kepolisian Resor Siak ingin menyelidikiada apa sebenarnya banyak-banyak kebakaran ini. Di sini belum selesai, di sini sudah terjadi, ada apa?" katanya di Siak, Kamis.

Jika hal ini sudah bisa disiasati, dan didapatkan apa penyebabnya, maka akan dapat dilakukan penindakan tegas.Pasalnya akibat kebakaran ini banyak biaya dikeluarkan dan waktu yang dihabiskan petugas di lapangan.

Terlebih lagi daerah yang dipimpinnya itu sudah memiliki Program Siak Hijau yang tentunya harus nihil karhutla. Maka dari itu dia meyakini ini semua terjadi 99 persen karena ulah manusia yang tentunya disengaja.

Upaya lain juga sudah dilakukan untuk pertambahan pemadam seperti alat "ministriker" pada enam tujuh daerah rawan. Bahkan sudah disepakati juga kalau alat rusak ringan diperbaiki dan rusak berat akan diganti.

"Makanya kami dengan Kapolres sudah minta patroli baik dengan mobil polisi, Koramil, dan satuan polisi pamong praja untuk melihat di kondisi lapangan," ujarnya.

Sementara Pemerintah Provinsi Riau telah menetapkan status siaga darurat karhutla pada Selasa (11/2). Itu setelah terjadi kebakaran di 10 dari 12 kabupaten/kota di Riau dengan total luas hingga Februari 2020 mencapai 271 hektare.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah Riau ada tiga daerah yang sudah berstatus siaga darurat mengalami cukup luas. Yang terluas ada di Siak dengan luas mencapai 98,47 ha hingga pada saat penetapan tersebut. Diperkirakan luas terkini sudah mencapai 100 ha lebih karena kebakaran baru terjadi juga pada Selasa (10/2) itu.

Baca juga: Siak sudah tetapkan status siaga darurat Karhutla

Baca juga: Kebakaran gambut berlanjut di Sungai Apit Siak, 21 hektare hangus


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar