Pekanbaru target 35 ribu kunjungan wisatawan pada 2020

id Pemkot Pekanbaru

Pekanbaru target 35 ribu kunjungan wisatawan pada 2020

Ilustrasi. Sejumlah wisatawan memperhatikan gugusan Candi Muara Takus di Kabupaten Kampar, Riau. Candi Muara Takus, salah satu peninggalan kerajaan Sriwijaya yang diperkirakan dibangun pada abad VII Masehi, menjadi cagar budaya dan andalan pariwisata di Riau. (ANTARA/FB Anggoro)

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru menargetkan kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara ke daerah itu sebanyak 35 ribu orang.

"Target ditetapkan sebesar 35 ribu orang itu optimistis tercapai terkait akan banyak wisatawan masuk dari Dumai, dan juga banyak terbang dari Batam ke Pekanbaru," kata Kepala Disbudpar Kota Pekanbaru, Nurfaisal kepada wartawan di Pekanbaru, Jumat.

Menurut Nurfaisal, untuk mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan tersebut, Pemkot Pekanbaru menggiatkan pengembangan beberapa wilayah, di antaranya kawasan Sungai Siak, Rumah Singgah Tuan Kadi, Danau Bandar Kayangan, dan kawasan Kota Lama di Jalan Tanjung Rhu, Kecamatan Lima Puluh.

Selain itu, katanya, Pekanbaru juga sudah mempunyai "Top Three" unggulan destinasi wisata, yakni pertama kawasan Sungai Siak dan di area ini telah dibuat pengadaan kapal.

Untuk pengadaan kapal-kapal dibutuhkan itu, katanya, sudah didatangkan sejumlah investor, khususnya kapal kapal wisata yang sudah didanai oleh investor terkait.

"Pengambangan sarana dan objek wisata lainnya berupa sejumlah titik kumpul yang sudah berfungsi, yakni di Rumah Tuan Kadi. Kemudian Danau Bandar Kayangan, yang tahun 2020 sudah mulai bangun yang dibebankan pada anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK), berikutnya pengembangan kawasan Kota Lama.

Untuk mendongkrak pencapaian jumlah kunjungan wisatawan tersebut, Pemkot Pekanbaru juga akan menggelar berbagai kegiatan bertaraf nasional dan internasional. Sementara itu, selama tahun 2019 jumlah kunjungan wisatawan ke Pekanbaru baru mencapai 29.000 orang.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar