Petugas BC Dumai dituding tak berada di pelabuhan saat penumpang membludak

id bc dumai,x ray dumai,pelabuhan dumai

Petugas BC Dumai dituding tak berada di pelabuhan saat penumpang membludak

Seorang wisatawan asing yang berangkat dari Melaka tiba di Pelabuhan PT Pelindo I Dumai di Dumai, Riau, Jumat (27/12/2019). Kunjungan wisatawan asal Eropa dan Malaysia yang akan berlibur akhir tahun ke tanah air lewat Pelabuhan Dumai mengalami kenaikan dikarenakan harga tiket kapal lebih murah dibanding pesawat dengan daerah wisata yang dituju Sumbar dan Sumut. (ANTARA /Aswaddy Hamid)

Dumai (ANTARA) - Bea Cukai Madya Pabean Dumai membantah tidak ada petugas bersiaga di Terminal Penumpang Pelabuhan Bandar Sri Junjungan (BSJ) saat arus penumpang libur Natal 2019 membludak karena petugas berpakaian bebas sehingga tidak terpantau.

Kepala Humas BC Dumai Gatot Kuncoro menjelaskan, untuk pengawasan barang bawaan penumpang datang dan berangkat dari pelabuhan penumpang domestik ini dilakukan secara selektif tanpa pemindai sinar X.

"Ada, pengawasan tertutup (tidak berseragam)," kata Gatot dikonfirmasi Antara, Sabtu.

Menurutnya, pengawasan secara selektif itu ialah pengamatan di lapangan dan kerjasama semua petugas terkait di area terminal penumpang pelabuhan dikelola Pemerintah Kota Dumai.

Mesin pemindai X ray yang tidak berfungsi di Terminal Penumpang Pelabuhan Bandar Sri Junjungan Kota Dumai, lanjutnya, karena kendala ketersediaan listrik tidak memadai.

"Tanpa x ray, kita andalkan pengamatan di lapangan dan kerjasama semua pihak," sebutnya.

Mengatasi kendala pasokan listrik untuk mesin x ray, BC Dumai sedang mengusahakan solusi, karena dikaitkan dengan rencana jangka panjang operasional Roro Dumai Malaka yang menjadi program stretegis pemerintah.

Diberitakan sebelumnya, akibat mesin x ray tidak berfungsi saat Angkutan Penumpang Laut Natal dan Tahun Baru 2020 berlangsung, semua barang bawaan penumpang datang dan berangkat rute DumaiBatamdan Tanjung Pinang Provinsi Kepulauan Riau lolos dari pemeriksaan.

Baca juga: Pelabuhan BSJ Dumai ramai penumpang libur Nataru, mesin X-ray malah ngadat

Seorang petugas di Pelabuhan BSJ Dumai menyebutkan sudah empat bulan mesin x ray itu tidak berfungsi dan hanya diletakkan di terminal tanpa ada petugas bea cukai menjaga.

Demikian juga dengan anggota polisi yang berjaga menyebutkan untuk mengantisipasi masuk barang terlarang terpaksa dengan cara membaca gerak tubuh penumpang.

Pemantauan Antara pada Selasa (24/12), mesin x-ray hanya diletakkan di pintu masuk terminal pelabuhan, namun tidak beroperasi tanpa ada petugas bea cukai bersiaga, dan di saat penumpang datang barang bawaan tidak diperiksa alias lewat begitu saja.

Diduga dengan tidak berfungsi mesin X ray ini selain akan meloloskan barang bawaan dicurigai narkoba, juga tidak bisa mendeteksi barang berpotensi menjadi pemasukan negara, atau ada tarif bea masuk.

Baca juga: Libur Nataru, penumpang di Pelabuhan BSJ Dumai melonjak 300 persen