Gerhana matahari cincin di Siak berlangsung dengan cuaca cerah

id gmc, gmc siak,gerhana matahari siak, siak,gerhana siak

Gerhana matahari cincin di Siak berlangsung dengan cuaca cerah

Warga melakukan salat gerhana di Kampung Bunsur Siak, Kamis (26/12). (ANTARA/Bayu AA)

Siak (ANTARA) - Ribuan masyarakat memadati Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, untuk menyaksikan fenomena Gerhana Matahari Cincin yang terjadi pada sekitar pukul 12.17 WIB di lokasi pengamatan terbaik di Indonesia tersebut.

Kepala Lembaga Antariksa dan Penerbangan (LAPAN), Prof. Dr. Thomas Jamaluddindi lokasi, Kamis, mengatakan hal tersebut adalah peristiwa langka yang mungkin akan terjadi lagi pada 21 Mei 2031 di Indonesia. Sebelumnya terjadi terakhir ada peristiwa gerhana matahari total pada tahun 2016.

"Ini langka dan Alhamdulillah cuaca cerah, perkiraan sampai akhir juga cerah. Peristiwa terjadi ketika bulan berada di antara matahari dan bumi," katanya.

Gerhana ini, lanjutnya, secara global terjadi antara satu dua tahun sekali, tapi lokasinya berpindah. Maka dari itu karena saat ini di melewati Indonesia Sehingga dimanfaatkan gerhana matahari cincin ini.

Pada kesempatan itu awalnya bulan berada di sebelah kanan, tapi karena matahari terang bukan tak terlihat. Kemudian bulan bergeser ke timur dan gerhana matahari cincin dimulai pada pukul 10.22 WIB.

Bagian kanan matahari tertutup bulan dan pada pukul 12.14 WIB mulai terjadi gerhana matahari cincin selama 3 menit 40 detik. "Jangan liat langsung karena silau, gunakan kaca mata matahari yang sudah tersedia," sambungnya.

Ditambahkannya, kalau punya perangkat teleskop jangan lupa pasang filter matahari. Atau jika kamera telepon seluler gunakan kacamata matahari depan kamera dan dizoom maksimum agar aman. "Tapi juga berlindung tempat teduh dan menutup bagian dekat kamera," ungkapnya.

Setelah dimulainya gerhana matahari cincin, acara dilanjutkan dengan Salat Gerhana Matahari lalu khutbah yang disampaikan Kepala LAPAN. Selanjutnya doa dan usai puncak gerhana salat zuhur dan terakhir penampilan dari Nissa Sabyan.

Baca juga: Harga parkir mobil Rp50 ribu saat gerhana matahari cincin di Siak, benarkah demikian?

Baca juga: Festival gerhana matahari cincin di Kampung Bunsur Siak sudah dimulai,


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar