Ratusan Umat budha Berdoa Pada Malam Imlek

id ratusan umat, budha berdoa, pada malam imlek

Pekanbaru, 3/2(ANTARA)- Ratusan umat Budha di Vihara Tri Budhist Ratna Center, Pekanbaru merayakan pergantian malam tahun baru Imlek 2562 dengan berdoa melafalkan mantra.

Ketua Vihara Tri Ratna Budhist Center, Anni Rudha, mengatakan mantra tersebut untuk melepaskan rasa sakit pada semua makhluk hidup di bumi.

"Mantra tersebut untuk menghilangkan semua penderitaan akibat rasa sakit. Tidak hanya pada manusia tetapi juga makhluk hidup lainnya," ujar Anni di Pekanbaru, Kamis dini hari.

Ia mengatakan ratusan umat Budha tersebut mulai melafalkan mantra sejak pukul 22.00 WIB hingga pergantian tahun. Selain itu juga ada biksu yang didatangkan khusus dari Tibet yang memberikan air suci pada umat yang ada pada malam itu.

"Pada pagi sebelumnya, kita juga melepaskan enam makhluk hidup yang biasa terkungkung di sangkar seperti ayam, burung maupun ikan. Ada sekitar 2500 makhluk hidup. Tujuannya agar terlepas dari semua penderitaan," tukasnya.

Selain itu, pada tahun baru Imleknya pihaknya mengadakan berbagai perayaan seperti Barongsai, pergelaran Tambur hingga pesta vegetarian.

"Kita berharap pada tahun baru ini kehidupan menjadi lebih baik dan kehidupan penuh damai dan membaik," harapnya.

Salah seorang pengunjung vihara, Susanto, mengatakan dirinya memang lebih memilih merayakannya dengan berdoa dibandingkan pesta kembang api. Hal ini, lanjutnya, dilakukan karena ia berharap penderitaan atau rasa sakit tidak ada pada tahun kelinci emas tersebut.

"Sehat selalu, begitu juga dengan rezeki dimudahkan dan dilancarkan," harapnya.