Hadirkan pelatihan Autocad-Electrical di Unilak, Chevron berikan 20 komputer

id pelatihan autocad, PT CPI, Unilak

Hadirkan pelatihan Autocad-Electrical di Unilak, Chevron berikan 20 komputer

PT CPI menyerahkan 20 unit komputer pada Unilak. (ANTARA/HO-PT CPI)

Pekanbaru (ANTARA) - PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) dalam program kemitraan dengan Universitas atau University Relationship Program (URP) memberikan pelatihan Autocad-Electrical dan 20 unit komputer kepada Universitas Lancang Kuning, Pekanbaru.

"Sudah menjadi komitmen kami untuk dapat terus berpartisipasi dalam mendukung pengembangan sumber daya manusia putra-putri kita bersama di Riau khususnya dalam bidang pendidikan. Kami juga berharap hal ini dapat meningkatkan akreditasi Fakultas Teknik," kata General Manager Corporate Affairs Asset PT. CPI, Sukamto Tamrin, Senin.

PT. CPI dalam kesempatan ini menghadirkan pelatihan Autocad-Electrical secara literatur oleh tenaga ahli. Selain juga mendukung penyediaan 20 unit komputer dan Uninterruptible Power Supply (UPS) untuk melengkapi fasilitas laboratorium di Unilak.

Sukamto mengatakan bahwa pelatihan dan pendidikan Autocad-Electrical ini menjadi sangat penting dan diperlukan bagi program studi Teknik Elektro. Pasalnya ini digunakan bagi mereka yang akan menjadi seorang Insinyur mesin, Insinyur sipil, "land developer", dan masih banyak lagi.

Di samping URP dengan Unilak kata dia ada juga program kemitraan di universitas lainnya yaitu dengan Teknik Kimia Universitas Riau, Teknik Perminyakan Universitas Islam Riau, dan Kimia Universitas Muhammadiyah Riau. Seluruh pendanaan program kemitraan ini lanjutnya langsung berasal dari Chevron Corporation.

Lingkup bantuan mencakup kegiatan peningkatan mutu sumber daya manusia di antaranya melalui kuliah tamu, seminar, kunjungan lapangan, publikasi jurnal, perbaikan kualitas infrastruktur, peningkatan akreditasi dan penyediaan peralatan laboratorium maupun perpustakaan. Program ini telah berjalan selama 10 tahun terakhir dan beberapa program studi di universitas yang tergabung dalam program URP bersama PT. CPI telah menunjukkan kenaikan akreditasinya.

"PTCPI meyakini bahwa peningkatan kualitas SDM salah satunya dengan investasi sosial di bidang pendidikan adalah kunci kemandirian dan kesejahteraan bagi masyarakat. Sebuah program pengembangan masyarakat itu harus mampu menciptakan kemandirian, bukan ketergantungan," ungkap Sukamto.

Rektor Universitas Lancang Kuning Dr.Hj. Hasnati menyampaikan sekarang Fakultas Teknik sudah lebih baik. "Mudah-mudahan bantuan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh mahasiswa maupun dosen untuk berinovasi di masa depan," sebut Hasnati.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Satuan Kerja Kontraktor Minyak dan Gas Sumatera Bagian Utara yang diwakili oleh Rochaddy Lubis. Ada juga Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Riau Indra Agus Lukman.