Politeknik Bengkalis juara ASC 2019

id Polbeng

Politeknik Bengkalis juara ASC 2019

Politeknik Bengkalis berhasil keluar sebagai juara dalam ajang seleksi daerah Asean Skill Competetition (ASC) merupakan ajang kompetisi keterampilan diri (skill) ditingkat Asia Tenggara yang dilaksanakan di PEkanbaru dari 24-27 Juli 2019.(Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) keluar sebagai juara dalam seleksi daerah Asean Skill Competition (ASC) XIII 2019 yang dilaksanakan dari tanggal 24-27 Juli 2019 di Kota Pekanbaru.

"Alhamdulillah, walaupun untuk pertama kali dilibatkan, mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis mampu mendominasi dengan dibuktikannya sebagai juara I pada Welding atas nama Reza Septian Harianto mahasiswa D3 teknik perkapalan," ujar Dosen Pembimbing Polbeng Saiful Amri, Kamis.

Selain itu, untuk skill IT SS juga berhasil diraih Rio Chandra, kemudian Juara I pada Graphis Design Technology atas nama Ali Imran yang merupakan mahasiswa D3 Tekinik Informatika.

"Selain itu juga diraih juara 3 pada kategori Welding atas nama Abdul Ghoffar. Dengan demikian, mahasiswa Polbeng mendominasi utusan dari Riau pada seleksi nasional Asean Skil Competetion XIII 2019 ini, karena juara I masing-masing kategori akan menjadi utusan/perwakilan Propinsi Riau pada seleksi nasional nantinya," kata Saiful.

Dijelaskannya, Asean Skill Competetition (ASC) merupakan ajang kompetisi keterampilan diri (skill) ditingkat Asia Tenggara. ASC pertama kali dilaksanakan pada tahun 1995 di Malaysia, dan ini merupakan tindak lanjut dari Pertemuan Labour Ministery se- Asean pada

1994. Sejak itu ASC dilaksanakan setiap dua tahun sekali dengan tuan rumah bergantian setiap ivennya.

"Untuk mencari utusan negara, Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Tenaga Kerja melakukan seleksi yang dimulai pada tingkat provinsi, dan pemenangnya diseleksi kembali untuk mendapatkan juara tingkat nasional dan sekaligus mewakili Indonesia pada ajang ASC tersebut. Untuk seleksi daerah atau tingkat Provinsi biasanya dilaksanakan satu tahun sebelum pelaksanakan final tingkat Asia Tenggara," ungkapnya lagi.

Propinsi Riau melalui Dinas Tenaga Kerja telah beberapa kali melaksanakan seleksi ASC tingkat provinsi, namun dari seleksi ASC sebelum tahun 2019 ini, provinsi hanya melibatkan perguruan tinggi dan institusi yang ada di Kota Pekanbaru.

"Alhamdulillah, pada tahun ini Dinas Tenaga Kerja sudah melibatkan Politeknik Negeri Bengkalis pada seleksi daerah ASC XIII, untuk mencari utusan Riau pada Seleksi Nasional ASC XIII 2019," paparnya.

Pada seleksi daerah ASC XIII, Riau hanya menyeleksi lima kategori kompetensi yang diperlombakan dari 22 kompetensi yang akan diperlombakan pada ajang ASC XIII 2020 di Singapura.

Adapun lima kompetensi yang diperlombakan yakni, Welding, IT Software Slution For Bussiness, Grafhic Design Technology, Mechatronics dan Moblie Robotics.

Polbeng dalam kompetisi ini mengutus tujuh mahasiswa, yang terdiri dua orang ntuk seleksi welding(pengelasan), dua mahasiswa untuk seleksi IT Software Solution for Bussiness, 1 orang mahasiswa untuk seleksi Graphic Design Technology, dan 2 orang mahasiswa untuk seleksi Mobile Robotics.

"Tampilnya mahasiswa-mahasiswa Polbeng sebagai juara membuktikan bahwa Polbeng sejajar dengan perguruan tinggi yang ada di Ibukota Provinsi dan untuk beberapa hal memiliki kelebihan dan khususnya untuk pendidikan tinggi vokasi menjadi yang terbaik di Provinsi Riau ini," ungkapnya lagi.