Pengamat: soal takbir keliling masyarakat sebaiknya ikuti himbauan pemkot

id pemkot pekanbaru,berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,soal takbir keliling

Pengamat: soal takbir keliling  masyarakat sebaiknya ikuti himbauan pemkot

Ilustrasi takbir keliling Antara Jatim/Prasetia Fauzani/mas/18.

Pekanbaru (ANTARA) - Pengamat masalah sosial, politik, dan hukum dari Universitas Riau, Dr Erdianto Effendi mengatakan jika berdasarkan laporan intelijen ada indikasi potensi gangguan keamanan, sebaiknya masyarakat mengikutiimbauan Pemerintah Kota untuk tidak menggelar malam takbiran keliling.

"Tidak perlu ditanggapi dengan banyak tafsir, kita harus percaya bahwa Pemerintah Kota Pekanbaru bermaksud baik, apalagi imbaun ini bersifat kondisional bukan pembatasan hak asasi manusia," kata Erdianto Effendi di Pekanbaru, Senin.

Pendapat itudisampaikannya terkait imbauan Wali Kota PekanbaruDr Firdaus MT bahwa pawai takbiran yang rutin dilaksanakan setiap malam sebelum Hari Raya Idul Fitri, ditiadakan pada 2019 dengan berbagai pertimbangan, terkait masih dalam suasana politik.

Menurut Erdianto, mencermati tradisi yang terus dilakukan oleh umat Muslim di kota itu, Pemerintah Kota juga harus dapat memastikan situasi aman dan tentunya aparat keamanan harus melakukan tindakan pengamanan.

Jika situasi kondusif, katanya lagi, sebaiknya mbauam tersebut direvisi. Masyarakat diizinkan melakukan takbir keliling dengan pengamanan ketat dari aparat keamanan.

Oleh karena itu, semua pihak harus bersinergi menjaga keamanan apalagi selama ini warga Kota Pekanbaru dikenal sebagai masyarakat agamis, toleran dan ramah serta terbuka dengan berbagai perbedaan.

Sebelumnya Wali Kota Pekanbaru Dr Firdaus MT mengatakan, Lebaran2019 bercampur dengan suasana politik yang belum usai, sehingga dengan mengurangi ramai-ramaidi jalan akan lebih mudah menjaga kondisi keamanan.

"Kedua kita tetap evaluasi manfaat dan mudharat, analisa dari tokoh-tokoh dan ulama ternyata lebih banyak mudharatnya," katanya.

Sebagai gantinya, katanya lagi, Pemkot Pekanbaru akan mengalihkan kegiatan itu ke Masjid Paripurna Kota Pekanbaru, Masjid Ar Rahman. Sementara di kecamatan akan dipusatkan di masjid paripurna tingkat kecamatan.

"Malam takbiran Idul Fitri kami ganti, langsung ke tengah masyarakat, yaitu basisnya ke masjid. Bila masyarakat ingin melakukan pawai keliling kampung dengan obor atau musik tradisional silakan saja yang penting laporkan ke kapolseknya sehingga pengamanan dan pengawalan dapat dilakukan dengan baik," katanya.T.F011

Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar