Rokan Hulu Butuh 1813 Ekor Hewan Qurban

id rokan hulu, butuh 1813, ekor hewan qurban

Pasir Pengaraian, Riau 20/10 (ANTARA) - Masyarakat di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau, diperkirakan membutuhkan sebanyak 1813 ekor hewan qurban pada Lebaran Idul Adha 1431 Hijriah.

"Pada lebaran haji tahun ini kebutuhan hewan qurban di Rohul kita perkirakan mencapai 1813 ekor," kata Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Rohul, Marjoko melalui kepala bagian kesehatan hewan dan pengawasan M.Muncar , di Pasir Pengaraian, Rabu.

Ia mengatakan, dari 1813 hewan qurban yang dibutuhkan di Kabupaten Rohul itu diantaranya kebutuhan sapi mencapai 1476 ekor, kerbau 240 ekor, dan kambing 95 ekor.

Menurut dia, kebutuhan hewan qurban pada Lebaran Idul Adha 2010 ini diperkirakan meningkat sekitar 20 persen.

Dia menjelaskan, berdasarkan data kebutuhan hewan qurban pada 2009 lalu tercatat 1528 ekor hewan qurban, yang terdiri dari 1232 ekor sapi, 218 ekor kerbau, dan 78 ekor kambing.

Menurut dia, prediksi peningkatan jumlah hewan qurban di Kabupaten Rohul disebabkan karena pertumbuhan ekonomi dan kesadaran masyarakat untuk berqurban semakin tinggi.

"Kita melihat kesejahteraan, kesadaran serta pertumbuhan penduduk di Rohul juga terus bertambah, jadi wajar jika tahun ini kebutuhan hewan qurban juga akan meningkat," katanya.

Dia mengatakan, masyarakat di Rohul tidak perlu mengkhawatirkan kekurangan pasokan hewan qurban itu, sebab prediksi peningkatan kebutuhan qurban tersebut pihaknya telah berupaya akan memenuhi seluruh permintaan dengan menyiapkan dan bila perlu akan memasok dari daerah lain.

"Populasi sapi masyarakat di Rohul telah mencapai hampir 25.000 ekor, memang itu semua lebih didominasi sapi betina, tapi kita percaya pasti kebutuhan akan terpenuhi," ujarnya.

Ia menjelaskan untuk mengantisipasi peredaran hewan qurban agar merata di Kabupaten Rohul pihaknya akan memperketat pengawasan perdagangan hewan qurban, guna memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Menurut Dia, harga jual hewan qurban bervariasi dilihat dari beratnya dan jenisnya. Seperti jenis sapi dijual di tempat rata-rata mulai harga Rp7 juta hingga Rp15 juta.

Sementara untuk kambing dari harga Rp900 ribu hingga Rp2 juta.

"Memang harga hewan qurban jika musim qurban sedikit mahal dibanding biasanya, tapi hal itu memang sudah biasa terjadi didaerah manapun," katanya.