"Ngopi" perdana PWI Riau bahas kebakaran gambut dan hutan

id Pwi,berita riau terbaru,berita riau terkini,berita riau antara, PWI Riau

"Ngopi" perdana PWI Riau bahas kebakaran gambut dan hutan

Dari kiri ke kanan, moderator, Sekjen KLHK Bambang Hendroyono, Direktur Pengendalian Karhutla Rafles Brotestes Pandjaitan, dan Guru Besar Perlindungan Hutan IPB Prof Bambang Hero. (Antaranews/Vera Lusiana)

Pwi
Pekanbaru (ANTARA) - Program perdana Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau, 'ngopi' atau ngobrol pintar, yang digelar di KotaPekanbaru, menghadirkan isu kebakaran lahan dan hutan.

PWI Riau, bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengundang seluruh media massa lokal dan nasional.

Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang mengatakan, bahwa Ngopi PWI Riau ini merupakan kegiatan dialog perdana, yang sengaja dikemas untuk memfasilitasi para wartawan, yang selama ini seringkali kesusahan dalam menemui nara sumber penting, khususnya terkait kebakaran hutan dan lahan yang melibatkan banyak pihak.

"Selama ini wartawan kesulitan menemui nara sumber, misal mau konfirmasi pak Sekjen saja harus menunggu lama misalnya. Makanya kami adakan ngobrol pintar ini dengan menghadirkan yang berkompeten," kata Zulmansyah di Graha Pena, Jalan HR Soebrantas Pekanbaru, Riau, Senin.

Baca juga: Karhutla Riau, Jikalahari kecewa Polda tak tetapkan korporasi tersangka

Zulmansyah, menjelaskan PWI Riau memang sudah pernah mengadakan kegiatan diskusi serupa, bersama beberapa narasumber. Namun, diskusi sebelumnya dikemas dengan gaya non-formal.

"Misalkan bersama lembaga perlindungan anak dan SKK Migas. Di situ kita bahas tentang isu-isu yang ada di bidang mereka," terangnya.

Untuk kegiatan selanjutnya, imbuh Zulmansyah, PWI Riau pun membuka diri, untuk menerima kritik dan saran dari para wartawan, khususnya tentang isu apa yang akan dibahas dalam ngobrol pintar mendatang.

Baca juga: Ada 12 tersangka pembakar lahan selama Siaga Darurat Karhutla 2019

"Kalau ada isu-isu di luar daerah, silakan sampaikan kepada kami. Nanti akan kami fasilitasi," tandasnya.

Perlu diketahui, acara NgopiPWIRiau masih berlangsung saat berita ini di ririlis, bersama KLHK di Graha Pena, Senin ini, dihadiri oleh ratusan peserta yang terdiri dari wartawan, personil Manggala Agni Pekanbaru, dan KLHK.

Adapun pemateri dan narasumber yang didatangkan dalam kesempatan ini, yakni Sekjen KLHK Bambang Hendroyono, Direktur Pengendalian Karhutla Rafles Brotestes Pandjaitan, dan Guru Besar Perlindungan Hutan IPB Prof Bambang Hero.

Baca juga: BRG kucurkan Rp1,3 miliar tanggulangi Karhutla di Riau