Lanal Dumai siap amankan Pemilu

id Lanal dumai, pemilu 2019

Lanal Dumai siap amankan Pemilu

Lanal Dumai (Foto Lantamal I Belawan

Dumai, Riau (Antaranews Riau) - Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Dumai Letkol Laut Wahyu Dili Yudha Hadianto menyatakan kesiapan prajurit untuk mendukung kelancaran dan sukses Pemilu 2019 yang aman dan damai, bahkan latihan pengamanan sudah digelar sebagai bentuk kesiapsiagaan dan antisipasi gangguan.

Latihan pengamanan pemilihan presiden dan anggota legislatif digelar Lanal pada Kamis (31/1), sekaligus upacara gelar pasukan di lapangan Mako Lanal Dumai di Jalan Yos Sudarso, untuk menciptakan rasa aman dan nyaman pada pelaksanaan pesta demokrasi 17 April 2019.

"Kita punya tanggung jawab besar dalam kontestasi proses demokrasi dari sudut pengamanan yang berpotensi memunculkan konflik, dan TNI menjadi tumpuan masyarakat untuk menciptakan pemilu yang sehat, kompetitif dan aman," kata Letkol Wahyu, Jumat (1/2).

Dijelaskan, strategi pengamanan paling utama dalam pelaksanaan pemilu adalah menjalin sinergitas dengan unsur terkait, artinya semua petugas harus siap menjaga keamanan untuk menyukseskan Pemilu serentak tahun 2019.

Seluruh prajurit Lanal Dumai diminta untuk mengedepankan langkah proaktif dan preventif serta menjaga netralitas dalam melaksanakan tindakan dalam pelaksanaan pemilu 2019.

"Apapun resikonya pemilu 2019 harus berlangsung aman, damai, lancar, dan berkompetisi sehat, tidak boleh menimbulkan konflik yang dapat menyebabkan perpecahan," sebut Danlanal Dumai yang baru menjabat ini.

Kesatuan bangsa bagi TNI, NKRI adalah harga mati, dan prajurit diharap akan mampu memberikan pengabdian terbaik bagi rakyat dan bangsa dalam melaksanakan amanat rakyat dalam penyelenggaraan pemilu 2019.