"Tour de Siak" Diusulkan Masuk Kalender Wonderful Indonesia

id tour de, siak diusulkan, masuk kalender, wonderful indonesia

"Tour de Siak" Diusulkan Masuk Kalender Wonderful Indonesia

Siak (Antarariau.com) - Pemerintah Provinsi Riau kembali mengusulkan wisata olahraga "Tour de Siak" ke Kementerian Pariwisata untuk bisa masuk dalam kalender Wonderful Indonesia

"Kami (Pemprov Riau) sudah mengusulkan Tour de Siak untuk bisa masuk dalam kalender Wonderful Indonesia. Kalau Tour de Siak berhasil bisa masuk, menjadi empat buah event di provinsi Riau masuk ke kalender Wonderful Indonesia," ujar Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman di Siak, Selasa.

Andi Rachman (panggilan akrab Gubernur Riau) memaparkan, ketiga event di Provinsi Riau yang sudah masuk dalam kalender Wonderful Indonesia tahun 2018 diantaranya, Bakar Tongkang (Kabupaten Rokan Hilir), Festival Pacu Jalur (Kuantan Singingi) dan Bono Surfing (Pelalawan).

Selain mengusulkan lagi balap sepeda "Tour de Siak" masuk dalam kalender Wonderful Indonesia, ia juga mendukung rencana Pemerintah kabupaten Siak untuk memperpanjang rute TDSi menyebrang hingga ke Malaka, Malaysia.

"Mudah-mudahkan rencana ini bisa terealisasi tahun depan," ucapnya.

Dia katakan, dalam upaya semakin mempopulerkan Tour de Siak ke tingkat nasional dan internasional, Pemerintah Provinsi Riau dan kabupaten Siak juga menempuh cara berbeda, yakni melalui kontestan dan audisi Putri Pariwisata Indonesia (PPI) Provinsi Riau yang menjadikan sport tourism (wisata olahraga) sebagai tema.

"Dipastikan topik Tour de Siak masuk ke menu utama dalam paparan," ungkap dia.

Dia berharap perhelatan Tour de Siak ke-6 ini bisa berjalan sukses dari tahun-tahun sebelumnya. Serta mewujudkan rencana jangka panjang TDSi menjangkau kabupaten/kota lain di Provinsi Riau.

"Seperti harapan Bupati Siak untuk memperluas Tour de Siak hingga kabupaten/kota lain dapat terwujud, dan bisa kita seberangkan ke Malaysia. Dari sisi Pemerintah Provinsi Riau saat ini kita sedang menyelesaikan prosedur presentasi kepada kurator dalam penilaian event untuk masuk dalam kalender Wonderful Indonesia seperti Surfing Bono, Pacu Jalur, dan Bakar Tongkang," harapnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau, Fahmizal disela-sela kegiatan pembukaan Tour de Siak menyebutkan, ada enam event di Provinsi Riau yang diusulkan ke Kementerian Pariwisata untuk bisa masuk dalam kalender Wonderful Indonesia.

"Tiga di antaranya sudah masuk pada tahun lalu. Tentunya yang tiga ini tetap kami usulkan pada tahun ini agar tidak hilang di kalender Wonderful Indonesia tahun depan. Tour de Siak juga sudah kami usulkan tahun lalu namun belum bisa masuk, tahun ini tetap kami usulkan kembali bersama dua event lainnya," ungkap Fahmizal.

Senin malam (17/9) Gubernur Riau didampingi Bupati Siak Syamsuar, Wakil Bupati Alfedri, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau Fahmizal dan Wakil Ketua PB ISSI pusat Beni Subaggia telah melakukan seremoni pembukaan Tour de Siak 2018 dengan pemukulan alat musik kompang di panggung Siak Bermadah.

Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar