Sebanyak 83 Jalur Ikut Bertarung di Baserah Pada Lomba Pacu Jalur

id sebanyak 83 jalur ikut, bertarung di, baserah pada, lomba pacu jalur

Sebanyak 83 Jalur Ikut Bertarung di Baserah Pada Lomba Pacu Jalur

Istimewa

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Sebanyak 83 jalur ikut bertarung pada lomba pacu di Tepian Lubuk Sobae Baserah, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau dalam rangka memeriahkan dan melestarikan seni budaya tradisional tersebut.

"Peserta sangat antusias mengikuti perlombaan bergengsi tersebut," kata Kepala Bagian Humas dan Protokoler Sekretariat Daerah (Setda) Kuantan Singingi Muradi melalui Selpi Keswita di Teluk Kuantan, Selasa.

Keswita mengatakan, pada perlombaan yang digelar pihak Kecamatan Basrah, seluruh pejalur dari setiap kecamatan se- Kuansing ambil bagian, setiap tahun ajang dilaksanakan selalu meriah dan ribuan masyarakat memadati lokasi tersebut.

Bupati Kuansing Mursini langsung membuka acara Pacu Jalur Tradisional (PJT) di Lubuak Sobae pada Selasa 14 Agustus 2018, sejumlah pejabat di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) ikut hadir mendampingi Bupati, sehingga lokasi sangat padat.

Bupati Kuatan Singingi Mursini mengatakan, sangat mengapresiasi ivent pacu jalur 2018 terutama kepada pihak kecamatan, panitia dan masyarakat, ini merupakan budaya Kuantan Singingi yang harus didukung, bahkan pada tahun lalu pacu jalur Kuansing menjadi yang terpopuler di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API).

" Dengan adanya pacu jalur ini, dapat menyambung tali silaturahim antar pemerintah dan masyarakat," sebut Bupati.

Begitu juga para atlet pacu, tambah Mursini, harus tetap menjunjung tinggi sportivitas, agar tidak terjadi gesekan yang nantinya akan memecahkan silahturahmi, selain itu masyarakat dapat memanfaatkan untuk meningkat perekonomian keluarga.

" Masyarakat harus pintar memanfaatkan kesempatan dengan berjualan atau lainnya," ujarnya.

Ketua pelaksana Pacu Jalur Tradisional, Sumardi, pada kesempatan itu sangat mengapreasi atas kehadiran Bupati berserta rombongan, yang nantinya akan membuka secara resmi pacu jalur tradisional ini.

" Ada sebanyak 83 jalur dari sejumlah kecamatan ikut berpartisipasi," terangnya.

Diakuinya, sejumlah warga memanfaatkan peluang untuk berbisnis, menambah pendapatan keluarga selama acara digealr di Tepian Lubuak Sobae, selian itu yang menarik adalah antusiasnya masyarakat dari luar kecamatan hadir menyaksikan pergelaran tersebut.