Kampanye di Bagansiapiapi, Lukman Edy-Hardianto Paparkan Program Rp1 Miliar Satu Desa

id kampanye di, bagansiapiapi lukman, edy-hardianto paparkan, program rp1, miliar satu desa

Kampanye di Bagansiapiapi, Lukman Edy-Hardianto Paparkan Program Rp1 Miliar Satu Desa

Dedi Dahmudi

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Pasangan Calon Gubernur Riau nomor urut 2 Lukman Edy yang berpasangan dengan Hardianto berkomitmen memprioritaskan pembangunan pedesaan melalui program Rp1 miliar tiap desa per tahun.

"Program Rp1 miliar tiap desa per tahun ini kita harapkan nanti bisa digunakan untuk membantu masyarakat yang ada di desa-desa," kata Lukman Edy saat menggelar kampanye dialogis di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir..

Ia menjelaskan, program Rp1 miliar tiap desa per tahun dari APBD Provinsi Riau tersebut untuk menciptakan desa mandiri sesuai dengan potensi di masing-masing wilayah.

"Apakah itu membantu tempat-tempat ibadah masjid, musholla yang mungkin hampir lima tahun ini tidak ada bantuan. Misalnya ada plafonnya runtuh, atapnya bocor, atau tempat wudhu sudah tidak bagus, bisa digunakan dana Rp1 miliar per desa itu," katanya.

Rp1 miliar, ujar dia juga bisa digunakan untuk memberi honor kepada imam-imam masjid. Termasuk mereka yang setiap hari membuka masjid dan menutup masjid selama ini tidak pernah mendapat bantuan.

Selain itu, lanjutnya bisa juga anggaran tersebut untuk menambah honor Ketua RT/Ketua RW supaya bisa melayani masyarakat lebih baik.

Lukman juga mengungkapkan bahwa program Rp1 miliar tiap desa juga bisa membantu warga yang kesulitan menyekolahkan anak-anak mereka, kesulitan membayar BPJS juga bisa gratis untuk mengurus kesehatan di rumah sakit.

"Banyak lagi hal-hal lain sebenarnya. Tapi intinya semua keperluan kebutuhan masyarakat yang langsung bisa dirasakan oleh masyarakat, membantu masyarakat itu memang digunakan dari dana Rp1 miliar tiap desa pertahunnya," tuturnya.

Menyikapi infrastruktur jalan di Kabupaten Rokan Hilir, Lukman menegaskan jika ia nantinya terpilih sebagai Gubernur Riau yang berpasangan dengan Hardianto telah menyiapkan program multiyears, khususnya Jalan Lintas Dumai-Sinaboi dan juga simpang Kubu.

"Kalau jalan lintas Ujung Tanjung-Bagansiapiapi sebenarnya persoalan rutin yang sederhana. Artinya, pemeliharaan jalan setiap tahunnya dioverlay sudah tidak ada lagi jalan rusak itu," ujarnya