Pemko Pekanbaru Ajarkan Masyarakat Penanggulangan Pertama Kebakaran Sebelum Damkar Datang

id pemko pekanbaru, ajarkan masyarakat, penanggulangan pertama, kebakaran sebelum, damkar datang

Pemko Pekanbaru Ajarkan Masyarakat Penanggulangan Pertama Kebakaran Sebelum Damkar Datang

Retmon Bensal Putra

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pelaksana Tugas Wali Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Ayat Cahyadi harapkan personel Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (Damkar) setempat untuk memberikan pengetahuan dasar kepada masyarakat mengenai penanggulangan kebakaran.

"Pengetahuan dasar ini cukup penting. Setidaknya untuk meminimalisir korban," ucap Ayat, Senin.

Ayat menjelaskan bahwa saat ini pihak Damkar memang dituntut untuk dapat sigap dalam mengatasi berbagai permasalahan terutama yang berhubungan dengan kebakaran. Salah satunya ialah upaya sosialisasi pencegahan kebarakan untuk masyarakat. Bagi Ayat hal tersebut sangat penting mengingat daerah yang menjadi cakupan dari pihak Damkar tersebut cukup luas.

Selain itu, dengan adanya sosialisasi pencegahan serta penanggulangan tersebut masyarakat diminta mandiri ataupun setidaknya dapat memberikan pertolongan pertama dalam penanggulangan kebakaran tersebut hingga pihak Damkar datang. Pasalnya bencana kebakaran terjadi tanpa mengenal waktu.

Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu diwilayah pasar bawah. Kondisi lalu lintas serta wilayah yang cukup sulit dijangkau dinilai sedikit menyulitkan para personel Damkar tersebut. Hal inilah kemudian menjadi alasan agar pihak Damkar untuk segera memberikan sosialisasi tersebut.

"Bukan lantas Damkar lepas tangan. Pengetahuan dasar itu untuk sementara sampai pihak Damkar sampai dilokasi," imbuhnya.

Lebih jauh Ayat mengatakan bahwa upaya pencegahan adalah cara terbaik untuk mengurangi efek dari bencana kebakaran tersebut. Dalam hal ini dibutuhkan kerjasama serta sikap peduli dari setiap pribadi masyarakat. Namun Ayat kembali menegaskan bahwa hal yang lebih penting adalah pengetahuan dasar masyarakat tersebut dalam menanggulangi bencana kebakaran. Pasalnya tanpa adanya pengetahuan dasar tersebut ditakutkan hal lain malah menimpa masyarakat yang ingin berbuat baik tersebut.

Sejauh ini Ayat mengatakan bahwa kinerja dari kesatria biru tersebut sudah cukup baik. Mengingat dalam beberapa waktu terakhir telah terjadi beberapa kebakaran, namun dapat ditanggulangi dalam waktu yang relatif singkat. Salah satu yang menurutnya cukup disayangkan ialah kebarakan yang melanda pasar bawah tepatnya kawasan kampung dalam yang menghanguskan belasan rumah. Menurutnya hal tersebut dapat dielakkan setidaknya tidak sampai meluas jika saja masyarakat setempat memiliki pemahaman dasar soal pencegahan kebakaran tersebut.

Memilikii moto pantang pulang sebelum api padam adalah tanggung jawab yang besar," pungas Ayat.***4***