Bangun Kawasan Industri, Bupati Kampar Kunker ke Kendal

id bangun kawasan, industri bupati, kampar kunker, ke kendal

Bangun Kawasan Industri, Bupati Kampar Kunker ke Kendal

Kendal, (Antarariau.com) -Keberadan Kawasan Industri Kendal (KIK) di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, menjadi daya tarik bagi Pemerintah Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Bahkan, pemerintah Kabupaten Kampar berencana mendirikan kawasan industri yang sama di Kabupaten Kendal, bernama Kawasan Industri Kampar (KIK).

Menurut Bupati Kampar, Azis Zaenal dipilihnya Kabupaten Kendal sebagai referensi guna pembangunan Kawasan Industri di Kabupaten Kampar dikarenakan Kabupaten tersebut miliki wilayah yang sama, yakni bersebelahan atau dekat dengan Ibukota Provinsi Riau.

Kabupaten Kendal juga tengah membangun kawasan Industri yang sampai saat progres nya cukup baik dengan memanfaatkan area seluas 1000 Hektare dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan mengurangi pengangguran.

"Kita saat ini ingin mempelajari dan mengetahui lebih rinci sistem dan regulasi pendirian kawasan industri terlebih dahulu sehingga ketika kawasan Industri tersebut kita bangun, tidak melanggar aturan perundang undangan yang berlaku serta tentunya kita juga nantinya mengharapkan dukungan dari pusat dan daerah,"ujar Azis.

Dijelaskannya, bedanya Kampar dengan Kendal yakni jika Kendal membangun kawasan Industri otomotif non engine atau elektronik, Kabupaten Kampar kedepannya akan membangun kawasan Industri perkebunan dan pertanian.

"Tentunya kita berbeda dengan Kendal, kita akan bangun Kawasan Industri perkebunan dan pertanian yang disesuaikan dengan hasil dari Sumber Daya Alam kita sehingga masyarakat pun lebih mudah untuk menjual dengan harga yang saling menguntungkan," Kata Bupati Kampar saat meninjau langsung kawasan Industri tersebut.

Azis Zaenal mengungkapkan, sebagai bupati yang baru menjabat enam bulan sejak dilantik, sebagai visi misinya akan berkontribusi membangun daerah. Kampar sendiri merupakan salah satu dari 10 kabuapten yang ada di Provinsi Riau. Penduduk Riau ada 6,5 juta, dan penduduk Kampar 1 juta. Kampar dengan penduduk terbesar ke dua di Provinsi Riau setelah Kota Pekanbaru.

"Letak Kampar sama dengan Kendal, artinya bersebelahan dengan ibu kota provinsi. Hanya saja kami tidak punya Pelabuhan laut yang luas seperti Tanjung Emas di Semarang," ungkap dia.



Menurut Azis Zaenal dengan kondisi yang hampir mirip dengan Kabupaten Kendal dan Kampar tersebut, sebagai visi dan misi Kabupaten Kampar ada (3I). Yakni, pertama, insfrastruktur, pemerintahannya berkewajiban menyelesaiakn insfrastruktu di Kampar, seperti peningkatan infrastruktur jalan dan pembangunan jembatan. Kedua baru mencari investor dan ketiga industri. Jadi industri dibangun oleh investor.

Kunjungan Bupati Kampar H Azis Zaenal SH MM di dampingi Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto SH, Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs Yusri M.Si, Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ir Azwan M. Si, Kadis Perindustrian dan Tenaga Kerja Heri Afrizon, serta Kabag Protokol dan Humas Setda Kabupaten Kampar, Ardi Mardhiansyah S.STP, M.Si di Kabupaten Kendal Jawa Tengah, Jumat, (17/11).

Tiba di Kabupaten Kendal, Bupati Kampar dan rombongan disambut oleh Bupati Bupati Kendal dr. Mirna Anissa M.Si di dampingi Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur serta beberapa OPD Kabupaten Kendal dalam acara ramah tamah di ruang Aula kediaman Bupati dan dilanjutkan dengan peninjauan ke Kawasan Industri Kendal (KIK).

Bupati Kendal mengaku siap bekerjasama dalam bidang perindustrian, dalam waktu dekat akan ada komunikasi lebih lanjut mengenai kerjasama Kendal dengan Kampar. Bupati juga menyampaikan tentang pembangunan KIK dan mengenalkan potensi objek-objek wisata di Kendal. Bupati berharap akan terus terjalin kerjasama untuk saling mempromosikan daerahnya.

"Perkembangan KIK cukup bagus. Beberapa pabrik sudah beroperasi dan terus bertambah. Kami juga ingin belajar dari Kampar," kata dia. (ADV)