Ajuan Anggaran UNBK Dari Disdik Riau Mencapai Rp125 Miliar

id ajuan anggaran, unbk dari, disdik riau, mencapai rp125 miliar

Ajuan Anggaran UNBK Dari Disdik Riau Mencapai Rp125 Miliar

Pekanbaru (Antarariau.com) - Dinas Pendidikan Provinsi Riau mengusulkan anggaran senilai Rp125 miliar untuk program Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah murni 2018.

"Usulan yang masuk ke kita untuk program UNBK totalnya sekitar Rp125 miliar," kata Sekretaris Komisi V DPRD Riau yang membidangi pendidikan di Pekanbaru, Kamis.

Politisi PKB Riau ini mengatakan pembahasannya belum final di Badan Anggaran DPRD Riau. Dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan kajian apakah anggaran sebesar itu cukup atau tidak dalam melaksanakan sistem UNBK di Riau.

"Nanti akan kita kaji lagi di tingkat komisi. Kita akan lihat, apakah anggaran sebesar itu cukup atau tidak. Kemudian, apakah dengan anggaran sebesar itu sudah mencakup semuanya atau belum," ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, sebagai gambarannya saja, anggaran sebesar itu dirasa tidak akan cukup. Apalagi masing-masing SMA akan diberi anggaran Rp500 juta. Anggaran sebesar itu, salah satunya untuk membeli komputer dan peralatan pendukung.

"Kita juga akan minta kepada pemerintah untuk menyiapkan sarana prasarana yang dibutuhkan, seperti ruang lokal, bangunan sekolah yang kita anggap banyak yang tidak layak dan lainnya," jelasnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan UNBK yang dilaksanakan beberapa bulan lalu, masih terdapat sarana dan prasarana pendukung yang perlu dievaluasi.

Berdasarkan informasi dari Dinas Pendidikan Provinsi Riau masih minimnya sarana terutama di daerah-daerah kawasan pesisir seperti Kabupaten Indragiri Hilir, Kota Dumai dan Kabupaten Rokan Hilir.

Di Kabupaten Indragiri Hilir, dari 95 SMA dengan 5.918 siswa, sekolah yang dapat melaksanakan UNBK hanya tercatat hanya lima dengan jumlah sebanyak 788 siswa. Sedangkan 90 SMA sederajat masih menggunakan sistem UNKP alias Ujian Nasional Kertas Pensil.

Sementara untuk Kabupaten Rokanhilir, total SMA sederajat berjumlah 90 sekolah dengan 6.739 siswa, namun yang mengikuti UNBK 2017 hanya 9 SMA dengan siswa sebanyak 1.462 orang. Begitu juga halnya dengan Kota Dumai, tercatat sebanyak 21 SMA dengan jumlah siswa 1.991 siswa dan yang siap melaksanakan UNBK hanya sembilan SMA dengan 1.594 siswa.