26 Dari 121 SMP Di Pekanbaru Gelar UNBK

id 26 dari, 121 smp, di pekanbaru, gelar unbk

26 Dari 121 SMP Di Pekanbaru Gelar UNBK

Pekanbaru (Antarariau.com) - Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru menyatakan sebanyak 26 Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat di ibu kota Provinsi Riau tersebut siap menggelar ujian nasional berbasis komputer, Selasa besok (2/5).

"Seluruh persiapan telah kita lakukan sejak awal, termasuk fasilitas dan ketersediaan listrik," kata Kepala Dinas Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Mujailis di Pekanbaru, Senin.

26 SMP dari 121 SMP di Kota Pekanbaru dipastikan menggelar UNBK yan dilaksanakan selama enam hari, mulai Selasa besok. Pada hari pertama, ia mengatakan siswa akan diuji dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Dia memastikan hingga hari ini persiapan pelaksanaan UNBK telah 100 persen, termasuk yang paling utama adalah jaringan listrik.

"Pasokan listrik insya Allah tidak masalah. Mereka siap mendukung pelaksanaan UNBK dan tidak akan melakukan pemadaman di sekolah-sekolah yang akan melaksanakan UNBK," ujarnya.

Sebanyak lebih dari 16 ribu siswa dari 121 SMP di Kota Bertuah, Pekanbaru siap melaksanakan UN besok. Selain UNBK, juga digelar UN secara manual menggunakan kertas pensil.

Setelah diuji mata pelajaran bahasa Indonesia pada hari pertama, siswa akan kembali diuji dengan mata pelajaran matematika pada Rabu (3/5), kemudian pada Kamis (4/5) mata pelajaran Bahasa Inggris. Sedangkan hari terakhir, Jumat (5/5) mata pelajaran yang diuji adalah IPA dan IPS.

Hari ini, ratusan Kepala Sekolah SMP se Kota Pekanbaru telah melakukan pemeriksaan sampul soal UN SMP. Proses pemeriksaan yang dilakukan di Aula Kantor Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru tersebut dikawal ketat oleh petugas personel polisi.

"Pengecekan sampul soal ini kita lakukan untuk memastikan saat pengambilan soal ujian besok sesuai antara mata pelajaran dan hari pelaksanaanya. Jangan sampai mata pelajaran untuk hari Rabu diambil hari Selasa," jelas Mujailis.

Secara keseluruhan, sebanyak 107.524 siswa/i tingkat SMP/MTs di Provinsi Riau siap mengikuti Ujian Nasional (UN) pada 2-8 Mei 2017 mendatang.

"Semua sudah siap untuk ikut Ujian Nasional Berbasis Komputer maupun Ujian Nasional Pensil Kertas (UNPK)," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Kamsol.

Menurut Kamsol seperti biasa UNBK bukan hal yang baru bagi SMP sederajat karena sudah dilakukan tahun lalu. Apalagi UNPK tidak lagi ada kendala. Distribusi soal juga sudah dilakukan mulai 29 April ini ke masing-masing kabupaten/kota.