Panwaslu Dumai Minta Tambahan Anggaran

id panwaslu dumai, minta tambahan anggaran

Dumai, 11/5 (ANTARA) - Meski belum banyak melakukan kegiatan, namun Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Dumai, Riau, mengajukan tambahan anggaran.

Permintaan tambahan anggaran disampaikan Ketua Panwaslu Dumai, Minggu Rambe, dalam rapat kerja dengan Komisi I DPRD Dumai, Selasa.

DPRD setempat telah menganggarkan Rp400 juta untuk Panwaslu. Panwas minta tambahan anggaran sebesar Rp500 juta.

Suksesnya pelaksanaan pilkada Kota Dumai, menurut Minggu Rambe, tidak terlepas dari peran Panwas. Dengan demikian, keberadaan Panwas perlu digerakan secara optimal. Dana yang sudah dianggarkan sebesar Rp400 juta belum bisa menutupi biaya yang diperlukan.

"Panwas sangat berterimakasih, karena sudah menyetujui anggaran yang dapat kami pergunakan. Hanya saja, untuk pelaksanaan pengawasan dengan berbagai macam kegiatan, kami meminta penambahan anggaran. Hingga jumlahnya mencapai Rp900 juta," ujar Minggu Rambe.

Dikatakannya, kerja Panwas berbasis kinerja. Dengan demikian diperlukan sarana dan prasarana guna mendukung pelaksanaan kerja hingga menghasilkan kinerja yang optimal.

"Terus terang, anggaran yang sudah disetujui Rp400 juga, dalam perhitungan kami sangat tidak mencukupi," katanya.

Anggota Panwas di tingkat kelurahan saat ini diberi sebesar Rp250 ribu perbulan. Jumlah itu dinilai kurang rasional.

"Kami minta ini ditambah. Artinya juga lebih rasional lagi. Sebab di lapangan banyak kegiatan dan perlu minyak untuk transportasi dan sebagainya. Kami minta setidaknya mereka itu diberi Rp500 ribu per bulan," katanya.

Di samping itu, katanya, ternyata masih ada kegiatan yang belum dimasukkan dalam anggaran seperti utusan saksi dari Panwas untuk tiap TPS yang mencapai hampir 400 TPS. Kegiatan itu belum dianggarkan sama sekali dan biaya pertemuan serta sejumlah sosialisasi juga perlu dianggarkan.

"Kita maklumi mengapa sejumlah kegiatan ini tidak dianggarkan, karena waktu itu, memang Panwas belum terbentuk. Karenanya, kami meminta Komisi I agar bisa merealisasikan penambahan anggaran tersebut," katanya.

Menanggapi permintaan Panwas, Ketua Komisi I Drs H Amrizal berjanji akan mengajukannya ke Pemerintah Kota Dumai agar secepatnya merealisasi anggaran tersebut.

"Secepatnya, karena anggaran tersebut sangat menentukan jalannya pilkada Dumai ke arah yang lebih baik. Selain itu, realisasi anggaran tersebut juga agar kinerja Panwas sebagai pengawas dapat maksimal," katanya.