1.106 Calhaj Pekanbaru Dibagi Dalam Lima Kloter

id 1106 calhaj, pekanbaru dibagi, dalam lima kloter

1.106 Calhaj Pekanbaru Dibagi Dalam Lima Kloter

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pejabat pada Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru menyebutkan calon haji dari daerah itu berjumlah 1.106 orang terbagi dalam lima kelompok terbang atau kloter.

"Tahun ini kita berangkatkan 1.106 calhaj ke Tanah Suci yang terbagi lima kloter," ucap Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kota Pekanbaru, Defizon di Pekanbaru, Riau, Senin.

Menurut dia, kloter bagi seribu orang lebih calhaj dari ibu kota Provinsi Riau telah ditentukan sendiri oleh Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Riau.

Pembagian kloter tersebut telah dinanti-nanti oleh para calhaj asal daerah tersebut, untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin.

"Calhaj asal Pekanbaru masuk dalam kloter dua, kloter tiga, kloter 16, kloter 18 dan terakhir kloter 26 embarkasi Batam," katanya.

Ia merinci, kloter dua terdiri dari 445 orang calhaj yang akan tiba pada embakarasi haji di Batam, Provinsi Kepulauan Riau pada 7 Agustus 2017.

Lalu kloter tiga 445 orang calhaj masuk asrama haji di hari berikut, kloter 16 sebanyak 143 jamaah, kloter 18 terdiri 72 calhaj, dan kloter 26 cuma satu orang dari Pekanbaru.

"Cuma dua kloter penuh oleh calhaj Pekanbaru, sedangkan pada kloter lain tergabung dengan kabupaten/kota yang lain," tuturnya.

"Kita berharap calhaj Pekanbaru khususnya dan Riau umumnya, bisa jaga kesehatan. Dan melakukan persiapan yang penting-penting saja," tegas Defizon.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Riau, Erizon Effendi sebelumnya mengatakan, calhaj dari provinsi tersebut tahun ini terbagi dalam 12 kloter embarkasi Batam.

"Berdasarkan rapat bersama dengan kantor Kemenag kabupaten/kota di Riau, kita tetapkan 11 kloter penuh dan 1 kloter gabungan," katanya.

Dia mengatakan, setiap satu kloter terdiri dari 442 orang calhaj, ditambah tiga orang Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD), dan lima orang petugas kloter.

Sebutnya, kloter satu dan dua berangkatkan terlebih dulu yang merupakan calhaj Pekanbaru. Disusul, kloter tiga Rokan Hilir dan Meranti, kloter empat Rokan Hulu, kloter lima Dumai, Rokan Hulu dan Kuantan Singingi.

Kloter enam Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir, kloter tujuh Bengkalis dan Siak, kloter delapan Pekanbaru dan Pelalawan, kloter sembilan Indragiri Hilir, dan Pelalawan.

"Baru kloter 10 Kampar, kloter 11 dari Kampar dan Bengkalis, serta kloter 12 dari Pekanbaru, Kampar dan Dumai," kata Erizon.