Pasca-Lebaran Pemko Pekanbaru Akan Razia Para Pendatang

id pasca-lebaran pemko, pekanbaru akan, razia para pendatang

Pasca-Lebaran Pemko Pekanbaru Akan Razia Para Pendatang

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru melalui tim gabungan Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat akan menggelar razia pendatang di daerah ini pasca-Lebaran untuk menertibkan domisili penduduk.

"Usai Lebaran banyak pendatang yang mencoba mencari keberuntungan di Pekanbaru," kata Kepala Satpol PP Pekanbaru Zulfahmi Adrian di Pekanbaru, Jumat.

Ia menyatakan sudah tradisi usai lebaran, para perantau yang mudik akan membawa saudara atau temannya ikut ke tempat ia berasal untuk ikut mencari keberuntungan di daerah asal.

"Sesuai instruksi Wali Kota Pekanbaru, kita akan lakukan razia identitas dan target utamanya adalah pendatang baru," ujar zul.

Selain itu kata dia razia juga dilakukan sesuai peraturan daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2008 tentang Kependudukan.

Dimana tegas dia bagi pendatang yang terjaring razia sebagai sanksinya akan didenda Rp50.000.

"Denda tersebut nantinya akan dimasukkan kas daerah Kota Pekanbaru. Selanjutnya mereka juga diminta untuk membuat perjanjian agar selalu membawa KTP saat keluar dari rumah," tuturnya.

Ia menambahkan adapun tempat yang jadi sasaran razia seperti perbelanjaan, kos-kosan dan perumahan padat penduduk, perbatasan.

"Selain lokasi itu yang jadi target kita selanjutnya di terminal dan pelabuhan," tambahnya.

Namun begitu, Zul belum bisa memberikan jadwal kepastian operasi tersebut dilakukan, karena saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan Disdukcapil.

Sementara itu Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pekanbaru, Baharuddin membenarkan pihaknya akan melakukan razia sebagai upaya mengendalikan masuknya pendatang ke kota berpenduduk 1,1 juta jiwa tersebut.

Untuk itu ia mengimbau kepada masyarakat yang belum memiliki kartu identitas agar segera mengurus ke unit pelaksana teknis daerah (UPTD) Disdukcapil yang ada di masing-masing kecamatan.

"Identitas itu sangat penting sebagai jati diri apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Saya imbau urus KTP. Bagi yang belum punya dan pendatang segera mengurus surat pindah," tegasnya.