Jaringan Listrik Di Minas Barat Akhirnya Resmi Beroperasi

id jaringan listrik, di minas, barat akhirnya, resmi beroperasi

Jaringan Listrik Di Minas Barat Akhirnya Resmi Beroperasi

Siak (Antarariau.com) - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman meresmikan jaringan listrik berlokasi di Kampung Minas Barat, Kecamatan Minas, Kamis.

"Dengan telah diresmikannya jaringan listrik di desa Minas Barat, Kecamatan Minas ini diharapkan bisa memberikan kemajuan didaerah setempat, terutama dalam menjalankan roda perekonomian masyarakat, juga terhadap pendidikan bagi anak-anak," kata Arsyadjuliandi Rachman di Siak.

Dikatakan Pemprov Riau bersama pihak PT Perusahaan Listrik Negara masih memerlukan anggaran lebih besar lagi untuk memenuhi kebutuhan yang paling mendasar masyarakat seperti listrik.

"Sehingga kebutuhan masyarakat terhadap listrik dapat terpenuhi hingga ke pelosok desa di provinsi Riau," katanya lagi.

Peresmian pemakaian jaringan listrik di desa tersebut juga turut dihadiri langsung oleh General Manager PLN Wilayah Riau Kepulauan Riau (WRKR) Irwansyah Putra, Meneger Area Rumbai dan Pekanbaru, Asisten II Syafrilenti, camat Minas, kepala Kampung, dan tokoh masyarakat lainnya.

GM PT PLN Wilayah Riau Kepulauan Riau mengatakan, pembangunan insfrastruktur jaringan PLN untuk mengaliri Kampung Minas Barat ini berdaya 20 kilo volt (kV) yang dinikmati oleh 1.300 kepala keluarga dengan panjang 27 sirkuit.

"Upaya yang telah ditempuh ini baru bisa beroperasi atau menerangi pemukiman warga selama 14 jam. Ini bertepatan dengan momen memasuki bulan Ramadhan," ucapnya.

Pihaknya juga berupaya menyelesaikan infrastruktur jaringan PLN di 17 kampung lainnya di Kabupaten Siak, selesai sebelum peringatan ulang tahun Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang.

"Masih perlunya koordinasi terhadap pemanfaatan lahan baik secara teknis saat melintasi wilayah Chevron sepanjang 28 kilometer (km) sehingga aliran listrik tersebut tidak terpisah baik dari Rumbai hingga sampai ke Duri," katanya.

Wakil Bupati Siak Alfedri menyebutkan, pembangunan jaringan listrik di lintas Minas KM 37 hingga KM 41, sudah lama dinanti-nanti masyarakat setempat. Namun masih ada 100 KK lagi di daerah tersebut yang belum merasakan penerangan listrik hingga saat ini.

Dengan diresmikannya pemakaian listrik ini bisa berlanjut hingga selesai ke daerah kampung yang belum teraliri, katanya.